Jokowi Perintahkan Jajaran Menteri Segera Penuhi Fasilitas Pengungsi Sinabung

Jokowi Perintahkan Jajaran Menteri Segera Penuhi Fasilitas Pengungsi Sinabung

541 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menteri terkait agar segera memenuhi fasilitas yang dibutuhkan oleh pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Dari yang saya terjunkan ke lapangan, ini agar segera ditindak lanjuti, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), ini segera sebelum Lebaran bisa diberikan ke pengungsi yang ada di Sinabung.  Jadi nanti Kementerian Kesehatan, Kemeterian Pendidikan, dan Kementerian Sosial,” kata Jokowi saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/7) sore.

Kemudian untuk listrik, Presiden Jokowi memerintahkan kepada Menteri BUMN karena ini masalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar perumahan yang sudah ada (penampungan pengungsi) didahulukan

“Karena kalau listriknya, ini sudah ada selesai rumah 130, nanti pada Agustus 370 selesai. Tapi kalau listriknya tidak cepat diberikan, tidak mau pindah,” terang Jokowi.

Kemudian soal air, Presiden Jokowi memerintahkaMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar segera dikerjakan. “Saluran air yang menuju ke sini, termasuk tandon air, dan lain-lain,” katanya.

Sementara untuk kasur, Presiden berharapKementerian Sosial juga bisa memberikan kalau ada anggarannya. “Tolong dicek dulu. Termasuk meja kursi, peralatan dapur, tolong dicek kalau ada anggarannya agar masalah Sinabung yang untuk 370 KK bisa diselesaikan secara permanen,” pinta Presiden Jokowi.

Sebelumnya saat rapat terbatas membahas masalah penanganan korban Sinabung itu, Presiden Jokowi mengatakan, informasi yang diterimanya dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana erupsi tersebut akan berlangsung terus kurang lebih selama 5 (lima) tahun meski tidak dalam skala besar.

Karena itu, kata Presiden Jokowi, diperlukan pola baru dalam penanganan, sehingga korban bencana erupsi Sinabung betul-betul merasa diselesaikan masalahnya. (Hm)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY