Pejabat Gubernur Jambi, Dr. Ir. H. Irman, M.Si

Pejabat Gubernur Jambi, Dr. Ir. H. Irman, M.Si

2,426 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Dr. Ir. H. Irman, M.Si dikenal sebagai seorang birokrat Indonesia. Pria kelahiran Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, tahun 1956 itu dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai Penjabat Gubernur Jambi pada tanggal 5 Agustus 2015 lalu, mengisi jabatan kosong yang ditinggalkan gubernur sebelumnya Hasan Basri Agus yang habis masa jabatannya. Irman mengisi jabatan tersebut hingga dilantiknya gubernur definitif hasil pemilukada pada Desember 2015 mendatang.

Sebelum menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jambi, Irman adalah Dirjen Dukcapil Kemendagri (Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia) setelah resmi dilantik oleh Mendagri Gamawan Fauzi pada tanggal 13 Februari 2012. Setelah itu, ia kemudian dimutasi menjadi Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik.

Irman meraih gelar S1 dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat. Ia pun melanjutkan S2 bidang Ekonomi di Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang, Sumatera Selatan, ketika ia bertugas di Pemerintahan Daerah (Pemda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).  Dimasa kuliahnya, Irman juga aktif dalam organisasi HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Ia juga pernah menjadi pengurus juga jadi Pengurus di HMPI, AMPI, MKGR.

Dalam perjalanan kariernya di PNS, Irman telah banyak mengemban jabatan penting dalam pemerintahan baik pusat maupun daerah diantaranya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Kepala Bappeda Kabupaten Lahat, Kepala Biro Perlengkapan Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Asisten III Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Direktur di Kemendagri (2004), Dirjen Dukcapil Kemendagri, Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, hingga saat ini menjadi Pejabat Gubernur Jambi. (Dn)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY