Jadi Pembicara Utama Sesi I KTT G-7 Outreach, Presiden Jokowi Tekankan Penyelesaian Masalah Dengan Damai

Internasional1,054 views

Kabarone.com, Kawasan Asia Pasifik adalah kawasan yang tergolong paling aman dibandingkan kawasan lainnya. Oleh karenanya, tidaklah heran jika kawasan Asia pada tahun 2016-2017 diperkirakan memiliki pertumbuhan ekonomi relatif lebih baik, yakni sekitar 5,3% dibanding rata-rata dunia sebesar 3,2%.

Hal itu dipaparkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat tampil sebagai pembicara utama pada sesi I KTT G-7 Outreach yang membahas ‘Stabilitas dan Kesejahteraan di Asia’, di Kanko Hotel the Classic, Ise Shima, Jepang, Jumat (27/5) waktu setempat.

“Di tahun 2015, ekonomi Indonesia di kuartal terakhir tumbuh 5,04 persen,” ungkap Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, dunia juga memahami bahwa potensi Asia untuk berkembang masih besar. Berdasarkan proyeksi Asian Century 2050, Asia akan menghasilkan PDB 174 triliun dollar AS, atau 52 persen PDB dunia.

“Sebagai bagian dari Asia, Indonesia yakin dapat mengambil bagian dari Asian Century. Saat ini lebih dari 50 persen penduduk Indonesia berusia di bawah 29 tahun. Indonesia juga dikaruniai kekayaan dan sumber energi yang cukup,” kata Presiden.

Namun Presiden Jokowi mengingatkan, bahwa kekerasan memberikan dampak kerugian yang sangat besar. Beliau pun menunjukkan contoh, tahun 2014 lalu dimana kerugian global akibat kekerasan bersenjata mencapai 14,3 triliun dolar AS atau 13,4 persen dari PDB Dunia.

Menurut Presiden Jokowi, perdamaian dan stabilitas adalah hal yang harus diciptakan dan dijaga. Oleh karenanya, negara-negara Asia harus dengan penuh kesadaran menciptakan perdamaian dan stabilitas ini.

Terkait dengan tingginya potensi konflik di Asia, seperti Laut Tiongkok Selatan dan Semenanjung Korea, menurut Presiden, harus dapat dikelola dengan baik. Untuk itu, Presiden Jokowi menekankan agar penyelesaian secara damai harus selalu menjadi pilihan utama.

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa sudah waktunya dunia paham mengenai pentingnya penyelesaian masalah tanpa menciptakan masalah yang lebih besar.

“Sudah waktunya. Penyelesaian militer atau penggunaan kekerasan justru akan menumbuhkan kekerasan lainnya, seperti ekstremis dan bahkan krisis kemanusiaan,” tutur Presiden.

Pada kesempatan iitu, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa Indonesia tidak menginginkan Asia menjadi kawasan yang penuh konflik dan menjadi ajang power projection negara-negara besar.

“Indonesia juga ingin menekankan bahwa semua negara, saya ulangi, semua negara tanpa terkecuali, harus menghormati hukum internasional,” tegas Presiden Jokowi seraya menambahkan, tanpa penghormatan terhadap hukum internasional, berpendapat, perdamaian dan stabilitas tidak akan dapat tercipta.

Menurut Presiden, dunia sudah tidak berjalan secara bipolar dan sudah muncul banyak negara (emerging countries) yang memiliki potensi dan telah terbukti mampu berkontribusi banyak terhadap dunia. Oleh karena itu, Presiden mengusulkan agar dunia harus ditata dengan melibatkan emerging countries.

“Indonesia siap menjadi motor terciptanya Asia dan dunia yang damai dan sejahtera,” ucap Presiden.

Pertemuan sesi I KTT G-7 Outreach itu dipandu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang bertindak sebagai moderator. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. (Hms/Skp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *