Sertu Saidiman, Babinsa Kelurahan Wua-Wua Kendari Yang Patut Diberi Apresiasi

Kabarone.com, Kendari – Patut di acungkan jempol apa yang dilakukan oleh seorang anggota TNI berpangkat Sersan Satu (Saidiman, -red). Sejak ditugaskan sebagai Babinsa di Kelurahan Wua-Wua Kec.Wua-Wua Kotamadya Kendari, Sulawesi Tenggara, dirinya terjun langsung ke masyarakat binaannya di Kelurahan tersebut.

Sertu Saidiman merupakan anggota Koramil 1417-10 Kota. Dia merupakan seorang Prajurit angkatan tahun 1996 yang awal penugasannya di Akademi Militer sebagai pengasuh selama 15 tahun lamanya. Sehingga Saidiman dikenal sebagai seorang Babinsa yang sangat disiplin dan penuh inovatif untuk membangun wilayah binaannya.

“Sejak saya ditugaskan sebagai Babinsa di Kelurahan Wua-Wua sejak tanggal 22 Agustus 2015 lalu, saya terjun di masyarakat dan mencoba melakukan upaya pembinaan terutama dalam hal pembentukan karakter masyarakat,” kata Saidiman di Masjid Al-Afa Kel.Wua-Wua, Senin (11/7).

Menurutnya, hal ini ia lakukan karena jika kita ingin membangun ‎karakter seseorang maka pertama kita bentuk adalah akdahnya (sikap). “Karena jika akidahnya baik maka, niscaya akan tercipta suatu masyarakat yang aman dan sejahtera,” ucapnya.

IMG_20160711_154848Setelah itu, lanjut Saidiman, upaya kami bersama para tokoh masyarakat adalah bagaimana bisa dibangun suatu tempat ibadah (Masjid) di wilayah binaan saya, terutama di RT 06/RW 02 Kel.Wua-Wua, yang belum memiliki masjid.

“Atas kerjasama kami dengan tokoh masyarakat terutama RT 06/RW 02, Hasmudin, terbentuklah panitia pembangunan masjid. Sehingga kami bersama-sama merumuskan bagaimana cara yang akan ditempuh untuk membangun masjid disini,” terangnya.

Sampai pada akhirnya, Ia pun secara Pribadi mengeluarkan dana untuk anggaran dasar pembangunan Masjid yang diberi nama Masjid Al-Afa dan Alhamdulillah atas kerelaan dan keikhlasan dari Komandan Koramil 1417-10 Kota, Mayor Inf Drs.H.Himanur AT serta Komandan Kodim 1417/KDI Letkol Kav.Agus Waluyo anggaran dasar pembangunan Masjid Al-Afa akhirnya bertambah dan kami mulai membangun masjid ini tanggal 23 Oktober 2015 (10 Muharram 1437 H) dimulailah peletakan batu pertama Masjid Al-Afa oleh Imam Masjid, Sarman, S.Ag yang disaksikan oleh Dan Dim 1417/KDI beserta Dan Ramil 1417-10 Kota Kendari serta masyarakat Kel.Wua-Wua dan Alhamdulillah, seminggu sebelum puasa, jum’at (27/5/15) masjid ini sudah dimanfaatkan warga setempat.

Kini masjid Al-Afa ini sudah berdiri kokoh‎, namun masih banyak yang akan dilanjutkan pembangunannya seperti tempat berwudhu, tempat TPA, garasi, dan menaranya, Insya Allah kedepannya nanti akan dilakukan pembangunannya.

“Adapun sumber dana lainnya adalah dari dana Iuran dari warga RT 06/RW 02 Kel.Wua-Wua yang memberikan Iuran sebesar 50 ribu rupiah perbulan tiap KK, dan jumlah KK yang memberikan Iuran sampai saat ini adalah 30 KK,” ungkap Saidiman.

Selain membangun akidah warga masyarakat diwilayah binaan, Saidiman selaku Babinsa juga diberikan kepercayaan untuk memberikan materi pelajaran Bela Negara di sekolah SDN 5 Baruga, SDN 4 Baruga dan SDN 10 Baruga, sebanyak 2 kali seminggu. Hal ini sangat disambut baik oleh masyarakat Kel.Wua-Wua, sampai Saidiman diangkat menjadi Ketua Komite di Sekolah tersebut.

Tentunya apa yang dilakukan oleh Sersan Satu Saidiman ini, patut dijadikan contoh oleh sejumlah aparat TNI lain serta masyarakat, dimana ia mau ditengah kesibukannya sebagai Prajurit TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI :Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia juga masih memikirkan masyarakat binaannya untuk membina akidah dan sisi kecintaannya kepada Bangsa dan Negaranya’ Patut di acungkan jempol dan diberikan apresiasi luar biasa. Kini Masjid Al-Afa berdiri kokoh dan selalu dipenuhi warga untuk melakukan Ibadah Sholat dan ibadah lainnya. Masjid ini memiliki luas 12 x 13 Meter, dan mimbar 4 x 4 meter. Meskipun belum ditehel namun sudah bisa dimanfaatkan warga untuk ibadah. (Andi Jumawi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *