SPR Mega Jaya Desa Sekaran Dapatkan Bantuan 103 Ekor Sapi

Ragam1,456 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Kabar bahagia datang dari Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Mega Jaya yang terletak di Dusun Ngantru Desa Sekaran Kecamatan Kasiman yang bekerjasama dengan Australia dalam pengembangbiakan sapi.
TepatnyaBojonegoro hari minggu tanggal 22 Januari lalu SPR mendapatkan bantuan 103’ekor sapi, 100 ekor betina dan 3’ekor jantan. Sistem kerjasama pengembangbiakan sapi ini tak hanya memberi bantuan namun Australia juga melakukan pendampingan kepada SPR Mega Jaya.
Darminto Ketua SPR Mega Jaya 134 ekor sapi jantan 4 betina 130.’jenis Peranakan Ongole 20 Brahman Xros Australia 100 indukan pejantan 3. SPR MEGA JAYA berdiri tahun 2014 . Hal pertama yang dilakukan oleh SPR yang diketuainya adalah Penguatan kelembagaan sosialisasi kepada RT , anggota 98 orang, 9 pengurus dan 27 kader. Aktifitas selama membuat pakan fermentasi, membangun pra koperasi, belajar beternak dari tradisional ke modern. Syarat menjadi anggota memiliki dua ekor sapi indukan dan memiliki blok rumput 300 meter persegi. Memanfaatkan limbah kotoran sapi menjadi biogas. Saat baru kapasitas 3 kubik dan masih untuk memenuhi kebutuhan kandang . Saat ini kandang sejumlah 5 lokal satu lokal untuk berapa ekor sapi antara 15-20 ekor sapi. Sedangkan untuk satu lokal mampu memuat kira kira 40 ekor sapi.
Drh. Dara dari IACCBP Indonesia Australia Commercial Cattle Breeding Program selaku patner SPR Mega Jaya. akan ada evaluasi pembelajaran rutin ter ka it manajemen breeding mulai peningkatan kualiatas SDM peternak . Diantaranya pelatihan,pendamping lapang, expart consultion dari Australia. Drh Dara menyampaikan ba hwa sapi yg dikirim adalah jenis Brahman Cross yang mampu beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia. Sumber pakan memanfaatkan apa yang ada disekitar. Dan saat ini SPR sudah mulai menanam rumput gajah. Perbedaan sapi Australia adalah tanpa keluh atau tali keluh,sedang sapi lokal diikat atau dikeluh. Selain itu ketahanan terhadap penyakit sapi ini lbh baik karena cocok dengan iklim tropis. Kerjasama pendampingan pengelolaan sapu ini akan berlangsung selama 3 tahun, baru nanti ketika SDM dan pengetahun peternak sudah mahir maka mereka akan mengelola secara mandiri.
Wahyu Manager SPR Mega Jaya menjelaskan perawatan sapi dari Australia ini adalah pemberian pakan jam 08.00-09.00 pagi dan untuk sore pemberian pakan setiap jam 14.00-15.00 WIB. Dengan ukuran 20 kilogram sekali makan per ekor sapi. Setiap anggota SPR sehabis memberi pakan pagi hari mereka harus mencari rumput gajah sama pucuk tebon.untuk siang hari dan setelah pemberian pakan sore hari mereka juga kembali mencari rumput untuk persediaan pagi hari. Wahyu menjelaskan bahwa untuk minum tak ada batasan atau ad ribitum. Di SPR ini adalah untuk pembibitan namun jika dalam berjalannya waktu maka anakan jantan akan digemukkan. Pembersihan sebelum diberikan makan,lalu kotoran ditampung untuk bio gas dan pupuk.( DAN )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *