SDN Kampung Bali 01 Pagi Jakarta Pusat Agar Direhab Total

Kabarone.com, Jakarta – Sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa, maka peran pemerintah provinsi DKI Jakarta diharapkan mampu mengakomodir segala kepentingan kegiatan belajar mengajar, khususnya bidang sarana prasarana gedung sekolah.

Hal ini juga dirasakan oleh pihak sekolah SDN Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Kota Administrasi Jakarta Pusat. Dengan keberadaan gedung sekolah yang sudah tua, dengan luas tidak terlalu besar dan berada persis dipinggir jalan Jati Baru Raya nomor 10, Tanah Abang, Jakarta Pusat, cukup memprihatinkan.

Saat wartawan Kabarone.com berkesempatan bersilahturahmi dan bertemu dengan kepala sekolah SDN Kampung Bali 01 Pagi, Dra.Eti Herawati, MPd, diruangannya, baru-baru ini, mengatakan “Kegiatan belajar mengajar disini cukup berprestasi baik dari sisi akademis maupun non akademisnya.Pembenahan program kerja yang lebih baik acapkali kami lakukan melalui metode kekeluargaan dan kebersamaan,” ungkap Dra.Eti Herawati, MPd.

Memang, walau luas lahan sekolah yang sempit kurang dari 1500 m2, dengan jumlah murid yang belajar 273 orang yang dibagi dalam 11 rombongan belajar, dibimbing 20 staf pengajar, justru membuat lebih semangat kepada pihak sekolah dan para murid dalam mengukir prestasi dalam berkegiatan edukatif.

Semisal, dalam meningkatkan disiplin anak didik dalam kelas, diberikan kegiatan pembiasaan yang bernuansa pendidikan berkarakter seperti upacara bendera menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Padamu Negeri, yang dilanjutkan dengan kegiatan keagamaan berupa tausyah dan kultum. Sedangkan untuk menyaluran bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti marawis, paskibra, tari tradisional, olahraga silat dan lainnya. Termasuk keberadaan kantin sehat diadakan oleh pihak sekolah agar para murid tidak jajan sembarangan.

Menurut kepala sekolah, dukungan dan kerjasama semua pihak baik orangtua murid dan dinas pendidikan sangatlah diperlukan, khususnya dalam sarana prasarana gedung sekolah yang sudah cukup tua dan lebih dari 30 tahun belum juga direhab total.

“Kami memohon kepada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta agar segera merehab gedung sekolah SDN Kampung Bali 01 pagi ini, sehingga proses KBM akan menjadi lebih baik lagi dan aman.

Walau demikian, kami telah melakukan berbagai upaya agar lingkungan belajar nampak lebih indah, aman dan nyaman, seperti perbaikan pagar sekolah, penambahan tempat sampah, perbaikan toilet dan keamanan sekolah,” pungkas Dra.Eti Herawati, MPd, yang sejak tahun 1988 berkiprah di dunia pendidikan dan baru sekitar 1 tahun lebih menjabat sebagai kepala sekolah. (DENY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *