Nias Selatan Open Surfing Contest 2017

Nias Selatan Open Surfing Contest 2017

265 views
0
SHARE

Kabarone.com, Nias – Nias Selatan merupakan salah satu kabupaten di Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara yang memiliki banyak potensi wisata dengan ”sejuta pesona” dan tersebar hampir di seluruh daerah Kabupaten Nias Selatan. Sebut saja di antaranya desa tradisional Bawömataluo, situs megalit di Gomo, Kepulauan Batu, dan Pantai Sorake yang terkenal sebagai surganya peselancar dunia.

Bertepatan dengan hari jadi ke-14 Kabupaten Nias Selatan, pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan bekerja sama dengan Asosiasi Peselancar Nias Selatan (APNS) mengadakan Nias Selatan Open Surfing Contest (NSOSC) yang akan berlangsung mulai tanggal 25-28 Juli 2017 di Pantai Sorake. Kontes selancar ini memperebutkan hadiah total Rp 87 juta.

Ada tiga divisi yang akan diperlombakan dalam kontes kali ini, yaitu
a. Man Division (pria, 16 tahun ke atas)
b. Woman Division (wanita, 16 tahun ke atas)
c. Grommet (pria dan wanita, 9-15 tahun).

Adapun pendaftaran dibuka untuk umum selama periode 3-23 Juli. Calon peserta yang berada di luar Pulau Nias bisa mendaftarkan diri dalam kurun waktu tersebut melalui microsite http://NSOSC2017.com. Setiap peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 yang diserahkan pada saat technical meeting sekaligus pendaftaran ulang pada 24 Juli disertai penyerahan lembaran pernyataan yang sudah ditandatangani peserta dan atau orangtua (khusus Grommet) dilengkapi dengan materai Rp 6.000.

Selain untuk memeriahkan peringatan hari jadi, NSOSC 2017 ini juga dimaksudkan guna menjaring bakat-bakat generasi muda Nias di bidang olahraga selancar sehingga mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional pada masa mendatang.

Para selancar nasional dan internasional diharapkan bisa ambil bagian dalam NSOSC 2017 ini. Hal itu dipertegas oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Nias Selatan Anggreani Dachi.

Perlu diketahui juga bahwa kontes ini terakhir dilakukan pada 2016 bersamaan dengan perhelatan Pesta Ya’ahowu. Dengan demikian, kontes surfing ini diagendakan sebagai kegiatan reguler tahunan kepariwisataan di Nias Selatan yang bisa meningkatkan jumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Menurut Anggreani, selain kegiatan NSOSC 2017, Pemkab Nias Selatan juga menggelar festival budaya, tradisi, dan adat istiadat Nias Selatan, seperti fataele, tari perang, famadaya harimo, lompat batu, tari moyo, dan fataelusa. Tradisi dan budaya ini adalah warisan leluhur Nias Selatan yang perlu terus dilestarikan. Ia mengajak seluruh masyarakat Nias Selatan dan juga masyarakat di Nusantara, dari Sabang sampai Merauke, untuk datang ke Telukdalam pada 25-28 Juli.

Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan melalui :
• E-mail : disbudparpora.nisel@gmail.com
• Harmonis Fau : 0823 6719 7633
(Kepala Seksi Pembudayaan Olahraga)
• Dollin Inn : 0813 9730 3764
• Martin Wau : 0812 6345 4207

(*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY