Presiden Jokowi Ajak Para Pemimpin Negara Asia Timur Pererat Kerjasama Dan Dialog

Internasional861 views

Kabarone.com, Filipina – Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara-negara Asia Timur untuk bekerja sama agar keterbukaan ekonomi dapat dijaga dan inklusivitas tetap diperhatikan serta membawa manfaat bagi semua negara. Hal itu di sampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-12 Asia Timur yang digelar di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Selasa (14/11) siang.

“Penerapan semangat ini akan mempersempit jurang pembangunan antar negara,” kata Presiden.

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa instabilitas politik juga akan menghambat pertumbuhan ekonomi dunia. Konflik dan perang kejahatan lintas batas, dinilai Kepala Negara, dapat mendorong instabilitas politik dunia. Dalam konteks inilah, menurut Presiden Jokowi, peran penting ASEAN dan Asia Timur diperlukan.

“Kita harus terus menjaga agar budaya dialog terus menjadi budaya negara anggota KTT Asia Timur, utamanya collective leadership kita dalam penyelesaian secara damai yang diperlukan dunia,” ujarnya.

Sementara menyangkut ancaman terorisme, Presiden Jokowi juga mengingatkan walaupun Kota Marawi sudah dibebaskan dari kependudukan teroris, namun ancaman terorisme masih belum akan menurun.

Untuk itu, Presiden Jokowi menegaskan, kerja sama regional dan internasional harus terus ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan hardpower dan juga softpower, termasuk dalam mengatasi pendanaan terhadap terorisme. Presiden Jokowi juga menegaskan agar counter narasi yang mengedepankan nilai toleransi juga harus diperkuat. (Dn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *