Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ini Sebut Ada Banyak Jurnal Penelitian Tentang Air...

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ini Sebut Ada Banyak Jurnal Penelitian Tentang Air Alkali

125 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Beberapa waktu lalu sempat viral berita tentang air alkali (Kangen Water) yang dianggap Hoax. Hal itu menyusul dengan beredarnya surat berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI terhadap PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water.

Dalam surat tersebut, Kemenkes menghimbau kepada pihak Enagic Indonesia untuk menarik semua brosur yang menyatakan bahwa mesin kangen water telah diakui negara yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI, mengklaim sebagai Medical Device, dan menyatakan produk kangen water dapat menyehatkan dan/atau menyembuhkan.

Sehingga banyak kalangan menganggap bahwa khasiat Kangen Water adalah Hoax. Namun ternyata tidak semua kalangan khususnya kalangan Dokter yang menganggap khasiat Kangen Water adalah Hoax. Seperti diutarakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Lira Medika Karawang, dr. Andi Pratama Dharma, Sp.PD.

Menurutnya, dalam dunia kedokteran memang tidak bisa menyatakan suatu obat itu dapat menyehatkan/menyembuhkan jika tidak didukung dengan jurnal penelitian ilmiah.

“Kalau untuk Kangen Water ini sebetulnya banyak jurnal penelitiannya seperti di PubMed atau situs-situs jurnal kesehatan lainnya, ada ratusan jurnal, tetapi memang bukan Kangen Water nya yang semestinya dicari. Karena Kangen Water itu brand produk bukan kandungan airnya. Kalau mau cari ya cari Electrolyzed Reduce Water (ERW) atau Hidrogen Rich Water (HRW). Karena air kangen water itu memang diproses dengan cara mengelektrolisasi air,” jelas dr. Andi dalam acara Amazing Water Conference di Jakarta, (24/1).

Lebih lanjut, menurut dokter yang juga praktek di sebuah Klinik Khusus Penyakit Dalam yakni Klinik Interna Medika Karawang itu, seorang dokter dalam menyampaikan pendapat tentang kesehatan harus dapat bertanggung jawab dan harus menunjukkan minimal satu jurnal penelitian yang menyatakan bahwa suatu obat itu dapat membantu proses penyembuhan suatu penyakit atau pun justru berbahaya dan memiliki dampak buruk untuk manusia.

“Kalau mengenai penelitian tentang manfaatnya saya bisa tunjukkan, ada banyak jurnal yang saya kumpulkan menyatakan bahwa Air ERW itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tetapi kalau ada yang berpendapat bahwa air ERW itu tidak bagus untuk tubuh ya dia harus menunjukkan mana jurnal penelitiannya. Jangan hanya berdasar pendapat pribadi saja,” tegasnya.

Menurut dr. Andi, air ERW atau Kangen Water ini memang tidak bisa menyembuhkan penyakit seperti obat yang bisa bereaksi sangat cepat. Namun pasien yang mengkonsumsi air ERW akan terbantu untuk cepat pulih dibandingkan pasien yang hanya mengkonsumsi air minum biasa dan jika dikonsumsi rutin maka pasien akan bisa terlepas dari ketergantungan obat.

“Memang air ERW ini tidak bisa menyembuhkan dalam waktu singkat seperti obat. Air ERW membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa memperbaiki kerusakan pada tubuh kita. Makanya memang tidak bisa dikatakan air ERW menyembuhkan, akan tetapi bisa membantu proses penyembuhan,” jelasnya.

Apa sih yang menyebabkan air ERW ini dapat membantu penyembuhan? dr. Andi menjelaskan, bahwa berdasarkan jurnal-jurnal penelitian, Air ERW ini bisa membantu proses penyembuhan karena memiliki sifat Alkali (PH Basa), selain itu juga Air ERW mengandung negatif ORP dan gas hidrogen.

“Itulah kenapa air ERW ini sangat baik jika kita konsumsi, karena negatif ORP nya bisa mencapai -400mV sampai -800mV. Itu artinya antioksidannya tinggi, dan itu sangat bagus untuk kesehatan kita,” paparnya.

dr. Andi pun mengaku selalu menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi air ERW dalam membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

“Apapun mereknya, yang penting air ERW. Itu selalu saya sarankan kepada pasien saya untuk minum baik untuk proses penyembuhan maupun untuk mencegah penyakit,” pungkasnya. (Doni)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY