Murahnya Penyambungan Baru Intalasi Air PDAM Kotabaru

Daerah, Regional1,252 views

KOTABARU. Kabarone.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kotabaru laksanakan penyambungan air minum dengan biaya murah kepada masyarakat, Senin 20/02/18.

Kepala Seksi Sistem Informasi PDAM Kotabaru M. Tri Basuki, MM mengatakan ada 3 (tiga) program. 1. Program penyambungan air, diantaranya MBR ( Masyarakat Berpenghasilan Rendah), 2. Promo dan 3. CSR. Dari 3 (tiga) program tersebut mempunyai perbedaan dalam mekanisme penyambungan.

Kalau MBR tadi merupakan program Pemerintah Pusat yang diberikan kepada PDAM Kotabaru untuk melaksanakan kegiatan penyambungan air berupa dana hibah kepada masyarakat.

Tahun 2017 Pemerintah Pusat menargetkan penyambungan air sebanyak 2000 SR, pada Tahun 2018 ini PDAM Kotabaru mendapat kan jatah lagi dari pemerintah pusat untuk menjalankan program MBR.

Mengenai biaya penyambungan telah di subsidi oleh pemerintah pusat dan daerah, karena semestinya satu SR kalau umum harus dibayar sebesarnya Rp. 2.500,000, karena ini disubsidi maka biaya penyambungan hanya sebesar Rp. 750.000. Dan ini sangat membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk dapat menikmati air bersih, ungkapnya.

Lanjut Tri, Promo program penyambungan air dalam memperingati hari jadi PDAM, ulang tahun Kotabaru maupun hari jadi lainya. Sehingga pemerintah daerah dan PDAM membuka penyambungan promo kepada masyarakat dan biaya penyambunganya pun agak ringin dan masih terjakau oleh masyarakat berkelas ekonomi kebawah, karena masih harga standar.

Tambah Tri, Program penyambungan CSR PDAM tahun 2018 ini membuka penyambungan sebanyak 300 SR secara gratis, tidak dipungut biaya satu rupiah pun dari masyarakat, dan ini tersebar di Kotabaru dibeberapa Kecamatan. Sambungan air bersih sudah terpenuhi sesuai target 300 SR, program CSR target sasaran adalah masyarakat betul – betul tidak mampu dan belum menikmati air bersih sesuai hasil surve dimasyarakat, jelasnya.

(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *