Ciptakan Situasi Aman Dan Kondusif Jelang Pilgub Jatim, Pejabat Lamongan Gandeng Antar Perguruan Silat

Hankam498 views

Kabarone.com, Lamongan – Untuk membantu, menjaga suasana tetap kondusif, terutama selama pelaksanaan Pilgub Jatim Pemerintah Kabupaten Lamongan, Polres Lamongan dan Jajaran Kodim 0812 Lamongan Jawa Timur berkonsolidasi dengan pimpinan dan ratusan perwakilan perguruan silat di Lamongan. Semua diajak untuk berdiskusi dalam situasi gayeng Focus Group Discusion (FGD) Silaturrahmi Antar Perguruan Silat Kabupaten Lamongan tepatnya di Pendopo Lokatantra. Hal ini bertujuan dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pilgub Jatim 2018. Kamis (01/03/2018.

Kegiatan ini berlangsung dan dihadiri oleh kurang lebih 350 peserta yang berasal dari 4 perguruan silat di Lamongan yakni, Persaudaraaan Setia Hati Terate (PSHT), Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI)/Kera Sakti, Pagar Nusa dan Tapak Suci.

Dalam kesempatan ini Bupati Lamongan Fadeli punya harapan, perguruan silat di Lamongan nantinya diberikan fasilitasi berupa kompetisi resmi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di daerah lain.

Lebih lanjut, “Dengan mengucap Alhamdulillah Kabupaten Lamongan sudah kondusif. Hal ini terwujud atas kerjasama semua pihak baik dari TNI, Polri, pemerintah, dan masyarakat. Kita tidak ingin apa yang dilihat di video (paparan/tayangan di slide) tadi terjadi di Kabupaten Lamongan,” Lanjut Bupati Fadeli.

Ditambahkannya, tayangan pada sesi sebelumya memang telah digambarkan (visual) dari daerah lain yang menunjukkan perpecahan dari beberapa perguruan silat. Oleh karena itu, salah satu solusinya, Fadeli meminta dengan penuh harapan agar pesilat Lamongan yang profesional harus difasilitasi dalam kompetisi resmi. “Saya meminta KONI dan IPSI untuk memperbanyak kompetisi-kompetisi resmi. Kalau perlu diadakan Piala Bupati ataupun Piala Polres nanti saya siapkan hadiahnya,” tambah Fadeli.

Dia berharap dengan begitu para pesilat tidak menjadi pejuang jalanan, merugikan diri sendiri. “Ajang silaturrahmi seperti ini sangat bagus untuk memupuk persaudaraan dan mempertahankan keadaan di Kabupaten Lamongan yang sudah kondusif ini, “ harapnya.

Sementara, Kapolres Lamongan AKBP. Febby DP Hutagalung menegaskan, terselenggaranya acara ini dengan maksut menghindari hal-hal yang kurang konduasif seperti yang terjadi di daerah lain. “Ini untuk mensikapi perkembangan Kamtibmas yang dinamis. Khususnya mendekati Pilgub Jatim Tahun 2018 ini, serta banyaknya berita hoax, “ tegas Feby kapolres Lamongan.

Tujuan acara ini dilaksanakan juga untuk mengajak peserta dari semua perguruan silat untuk bersatu, mengurangi potensi konflik yang muncul agar tercipta Lamongan yang kondusif. Dalam acara kegiatan ini juga dihadirkan Ustadz Anwar Zahid untuk memberikan ceramah (Tausiah) kepada para peserta FGD yang hadir,” tambahnya.

Demi menambah kegayengan suasana ini yang dihadiri oleh Dandim 0812/Lamongan Letkol. Arh.  Sukma Yudha Wibawa tersebut juga dibagikan door prize pada peserta (FGD) Focus Group Discusion,” (pull).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *