Diskusi “Pilgub Jateng Berkarakter dan Bermartabat”, Soroti Pemilih Pemula

Diskusi “Pilgub Jateng Berkarakter dan Bermartabat”, Soroti Pemilih Pemula

49 views
0
SHARE

Kabarone.com, Semarang – Acara Diskusi Prime Topic yang digelar MNC Trijaya FM Semarang,, Senin (16/4) menyoroti pentingnya peran pemilih pemula di ajang Pilgub 2018 tahun ini.

Bertemakan Pilgub Jateng Berkarakter dan Bermartabat, diskusi ini menghadirkan pembicara Ketua DPRD Propinsi Jawa Tengah Rukma Setyabudi dan Ketua KPU Jateng Joko Purnomo.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengatakan, kesuksesan pilkada merupakan tanggungjawab bersama. Dimana semua harus berperan aktif dalam mensukseskan pilkada yang aman, nyaman, tenang dan bermartabat.

Demokrasi Pancasila kata Rukma, adalah demokrasi yang paling baik dengan mengedepankan musyawarah untuk mufakat. “Saat ini Titik krusial demokrasi yang menjadi tantangan kita bersama adalah Money Politik dan Isu Sara,” ujarnya, usai acara diskusi yang digelar di Rosti Resto & Cafe Semarang.

Untuk itu lanjutnya , pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat agar berperan aktif mensukseskan ajang pesta demokrasi tersebut. Dirinya pun juga turut berharap pada para Pelajar pemilih pemula pada tahun ini agar bisa menyalurkan hak pilihnya tentunya hal itu kata dia perlu dukungan dari pemerintah,Parpol dan para Relawan partai untuk bisa maksimal mensosilisasikan.

“Terkait pemilih pemula, di sini kami terus mendorong kepada KPU untuk mensosialisasikan namun tentunya kalau hanya di laksanakan oleh KPU saja rasanya tidak obyektif ,harusnya semua bau membahu ,ya Parpol ,ya KPU di sini kita bukan kampanye namun dalam rangka memberikan pencerahan berdemokrasi menjadi pemilih yang cerdas ” tutur Rrukma

Sementara Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan,Bahwa sebetulnya pendidikan Politik bagi para pemilih pemula itu memang sangat di perlukan, namun upaya memberikan pendidikan politik tentang pemilu baik itu pilkada,pileg, pilpres pada pemilih pemula sat ini masih kurang karena terbentur adanya regulasi larangan pendidikan politik di sekolah. Sehingga pada akhirnya, masih banyak pemilih pemula yang ‘gagal’dalam mengikuti pelaksanakan di pilkada.

” Khusus untuk pemilih pemula (pelajar tingkat SMA) kami berupaya bekerja sama dengan kepala dinas pendidikan Jateng membangun komitmen bersama untuk memberikan edukasi terbaik ,baik yang bersangkutan dalam menghadapi Pilgub Jateng 2018,” jelasnya. (Amr)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY