Bersama Rakyat, TNI Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa

Bersama Rakyat, TNI Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa

68 views
0
SHARE

Kabarone.com, PURBALINGGA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 101 dan Sengkuyung tahap I tahun 2018 di wilayah Kodam IV/Diponegoro resmi ditutup,Kamis (3/5).

Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. secara resmi menutup TMMD di wilayah Kodim 0702/Purbalinga, yang dipusatkan di Desa Karangjambu, Kec. Karangjambu, Kab. Purbalingga.

Mengawali sambutannya pada acara tersebut, Pangdam mengungkapkan rasa bahagia dan bangga sudah hadir di tanah kelahiran pendiri TNI yakni Jenderal Besar Soedirman. “Semoga kita bisa menjadi penerus perjuangan beliau” ujarnya.

Selama 30 hari para prajurit bekerja bahkan menginap di rumah-rumah penduduk. Dengan berakhirnya kegiatan ini,kata Pangdam mereka harus berpisah dengan warga.

” Mudah-mudahan perpisahan ini hanya membawa kesedihan sesaat. Ada keluarga asuh baru yang telah terjalin selama ini, semoga dapat terus terbangum dan bisa memupuk kemanunggalan TNI-Rakyat,” imbuh orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro ini.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) selaku penanggungjawab operasiaonal TMMD, melalui amanatnya menyampaikan bahwa tema TMMD tahun ini, “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”.

Selaras dengan tema tersebut, KSAD berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter Bangsa, khususnya generasi mudanya.

Hal itu penting, karena output tersebut akan mendorong outcome yang sangat berharga, yaitu generasi muda yang kompetitif dan kemandirian Bangsa.

Diakuinya, di tengah badai krisis global dan epidemi virus kebangsaan, semua dituntut untuk lebih mampu memelihara dan mengembangkan segenap potensi bangsa, baik sumber kekayaan nasional, SDM maupun yang lainnya.

Oleh karenanya, demi mewujudkan bangsa yang mandiri dan sejahtera dalam kerangka NKRI, maka berbagai hal positif yang telah dilakukan selama ini, harus terus dilanjutkan bahkan dikembangkan.

KSAD juga mengingatkan, pada tahun politik jangan dijadikan sebagai ajang saling cela antar anak bangsa. ” Politik identitas yang semakin kental melanda negeri ini harus segera diredakan karena Indonesia adalah negara majemuk yang menjunjung persatuan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga meresmikan Jalan Makadam sepanjang 1.975 m bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Purbalingga yang kali ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Purbalingga, Wahyu Kontardi.

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi untuk para prajurit TNI dan Polri yang bekerja siang malam tanpa kenal lelah. Jangan lupakan Karangjambu karena warga disini sudah menjadi keluarga kalian,” tutur Jenderal bintang dua itu.

TMMD Reguler 101, selain dilaksanakan di Kodim 0702/Purbalingga, di wilayah Kodam IV/Diponegoro juga dilaksanakan Kodim 0734/Yogyakarta, Kodim 0718/Pati dan Kodim 0727/Karanganyar.

Sedangkan TMMD Sengkuyung dilaksanakan di semua Kodim yang tidak melaksanakan TMMD Reguler. (Amr)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY