Modernisasi PT KAI, Masuk Lawang Sewu Semarang Gunakan Tiket Elektrik

Daerah, Regional603 views

Kabarone.com, SEMARANG – Dalam rangka memodernisasi sistem ticketing di objek wisata Lawang Sewu, PT KAI Daop 4 Semarang memberlakukan sistem tiket elektrik bagi para pengunjung bangunan bersejarah tersebut pada Rabu (9/5).

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, para pengunjung yang telah membeli tiket masuk, ketika melalui gate masuk, cukup dengan menempelkan barcode yang terdapat di tiket ke sensor gate, maka secara otomatis, scanner yang ada di gate akan memberikan informasi valid atau tidaknya tiket pengunjung tersebut.

Barcode yang terdapat di tiket itu akan menunjukan tanggal berlaku tiket. “Jadi apabila tiket ini sudah kadaluwarsa, maka scanner yang ada di gate akan memberikan informasi bahwa tiket sudah tidak berlaku,” kata Suprapto.

Dia menjelaskan, penerapan sistem ini merupakan bagian dari implementasi dari penerapan web ticketing Museum Lawang Sewu. “Hal ini merupakan inovasi terbaru dari pihak IT PT KAI Daop 4 Semarang, dimana sebelumnya sistem tiket di Lawang Sewu menggunakan sistem manual,” ujarnya.

Diharapkan dengan penerapan sistem tiket elektrik tersebut, dapat lebih menertibkan layanan tiket pengunjung di Lawang Sewu.

Tercatat kunjungan wisatawan Lawang Sewu pada tahun 2017 mencapai 992.347 wisatawan, sedangkan untuk periode Januari hingga April 2018 mencapai 302.932 wisatawan. Adapun tarif tiket masuk Lawang Sewu diantaranya tiket pengunjung dewasa Rp 10.000 dan tiket pengunjung pelajar atau anak-anak Rp 5.000. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *