Ritual Mandi di Sumur Sendang Njobo Sragen

Ritual Mandi di Sumur Sendang Njobo Sragen

297 views
0
SHARE

Kabarone.com Sragen – Sumur Sendang Njobo yang di pakai untuk kegiatan sakral di Dusun Ngemplak Desa sambirejo Kecamatan plupuk Sragen Jawa Tengah selama ini menurut masyarakat gunakan kegiatan yang bernuansa religi.

Tempat sumur ini dianggap keramat pada saat digunakan untuk acara sakral.

Pantauan kabarone.com sabtu (23/6), salah satu warga dusun ngemplak melakukan ritual datang ke Sumur sendang njobo untu sebelum prosei pernikahan. Letak sumur diluar dusun sekilas hanya ada sumur yan di kelilinggi pohon tua yang rimbun.sumur bernuansa relugi tersebut selalu di gunakan oleh warga dan untuk mencari syareat baik kelancaran ,pangkat dan usaha.

Hal tersebut diungkapkan oleh pemandu prosesi ritual Mbah Surip warga Dusun ngemplak mengatakan,” keberadaan sumur ada lima.namun yang masih digunakan cuma tinggal dua.

Warga sering sih ke sini pada saat mau ada acara pernikahan untuk mandi dan ritual lainya disini.keberadaan sumur disini tak pernah kering airnya baik pada saat musim kemarau.banyak para pejabat yang akan mencalonkan lurah , Bupati , dewan datang kesini.disini hanya syareat semata segalanya Allah yang menentukan dan kebanyakan mereka banyak yang berhasil.,”ujarnya.

Hal senada diungkapkan Agus warga dusun Ngemplak yang merantau di jakarta pada saat di lokasi melakukan ritual mengatakan,”saya melakukan prosesi adat yang biasa di lakukan warga disini sejak zaman dahulu.dan Alhandulillah ritual yang telah berjalan lancar. Pagi mandi di lokasi.dan siang membasuh muka dan cuci kaki berdua dengan istri saya. Ungkap agus (As)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY