Jenderal Spanyol : Satgas Indobatt Garda Terdepan Sektor Timur Unifil

Hankam354 views

Kabarone.com, LEBANON – Satuan Tugas Indonesian Battalion (Satgas Indobatt) yang sedang melaksanakan misi perdamaian dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah garda terdepan Sektor Timur UNIFIL (United Nations Interim Forces In Lebanon) dalam menjaga perdamaian di wilayah Lebanon Selatan.

Hal tersebut dikatakan Komandan Sektor (Dansektor) Timur UNIFIL yang baru, Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez Valero dari Spanyol saat mengunjungi beberapa Area Operasi yang menjadi tanggung jawab Satgas Indobatt, Battalion Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/UNIFIL di Lebanon Selatan, Sabtu (7/7) waktu setempat.

Sebagai garda terdepan, Jenderal asal Spanyol ini mengingatkan, agar Prajurit TNI selalu mempertahankan sikap imparsial dan menjaga faktor keamanan dalam melaksanakan tugas.

“Prajurit Indobatt mudah diterima disegala lapisan masyarakat Lebanon kekompakan dan semangatnya sudah diakui oleh negara-negara yang tergabung dalam UNIFIL saya tahu itu, hal positif ini harus dipertahan” ujar Jenderal bintang satu ini bersemangat.

Kunjungan Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez Valero bersama dengan enam orang stafnya merupakan rangkaian kegiatannya sebagai Komandan Sektor (Dansektor) Timur yang baru ke satuan-satuan jajaran di bawahnya.

Kedatangan Dansektor disambut oleh Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.IP. didampingi Wadan Satgas Mayor Inf Didiet Trilaksono beserta beberapa Perwira terkait, di Area of Responsibilty (AoR) Kompi Alfa UNP (United Nation Position) 9-15.

Usai menerima penjelasan singkat tentang situasi dan kondisi di UNP 9-15 secara umum dari Letkol Inf Arfan Johan Wihananto,S.IP, Dansektor beserta rombongan mengunjungi Markas Kompi Alfa di UNP 9-63. Di Kompi Alfa ini, Jenderal Jose Luis Sanches Martinez Valero mendapat penjelasan singkat dari Komandan Kompi (Danki) Alfa Kapten Inf Thohir Ilyas, dilanjutkan peninjauan ke TP 35 dan TP-34 untuk memantau keadaan secara umum di wilayah perbatasan ini.

Dari Kompi Alfa, kunjungan dilanjutkan ke Markas Kompi Charlie di UNP 9-2 Adzikiyeh yang ditempuh sekitar 15 menit. Di sini Dansektor juga menerima penjelasan singkat tentang daerah operasi yang menjadi tanggung jawab Kompi oleh DankiCharlie Kapten Mar Taufiq Hidayat. Pada kesempatan tersbut Dansektor berkesempatan melaksanakan pengamatan lapangan dengan menggunakan teropong.

Usai melaksanakan peninjauan di lapangan, Brigadier General Jose Luis beserta rombongan menuju Markas Indobatt di UNP 7-1 Adchit al Qusayr, untuk melaksanakan ramah tamah dengan para Perwira Satgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL. Pada kesempatan tersebut, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.IP memberikan cinderamata dan plakat sebagai kenang-kenangan kepada Dansektor Timur UNIFIL Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez Valero.

“Terima kasih atas sambutan para personel Satgas Indobatt. Garuda…Garuda…Garuda…,” puji Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez Valero ( pendam,amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *