MENGENAL BAND INDIE LAMONGAN DAN PERKEMBANGANNYA

MENGENAL BAND INDIE LAMONGAN DAN PERKEMBANGANNYA

313 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan – Musik adalah bahasa universal, semua orang di seluruh dunia pasti suka Musik. Entah sebagai pendengar atau pun pemain musik, dari anak – anak sampai orang dewasa semua mengenal musik, dan musik adalah bagian dari kebudayaan manusia.

Bicara musik memang tidak ada habis nya, beragam nada dan suara yang terangkai indah dalam suatu harmoni, banyak jenis Genre musik, beribu aliran dan semua nya memiliki rasa tersendiri atas hasil karya nya tersebut, karena penilaian dan kesukaan terhadap musik bagi banyak orang tergantung pada selera, hati dan telingga nya masing masing.

Indie sendiri bukanlah suatu genre musik, melainkan sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, nggak bergantung sama sebuah label musik atau sebagainya. Band Indie cenderung menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan.

Istilah Indie diambil dari kata Independent yang berarti Merdeka, bebas, mandiri, dan nggak bergantung.

Banyak yang menganggap kalo indie itu sebuah genre musik, seperti halnya rock, jazz, atau sebagainya. Anggapan tersebut sayangnya salah besar. Indie sendiri bukanlah suatu genre musik, melainkan sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, nggak bergantung sama sebuah label musik atau sebagainya. Band Indie cenderung menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan. Nggak jarang kalo lagu-lagu yang mereka ciptakan kebanyakan sangat anti-mainstream dari lagu-lagu di pasaran, akan tetapi ada juga Band Indie yang mengikuti Trend musik yang Sedang IN di pasaran, semua bebas tergantung pada pemikiran, dan pandangan nya masing masing Band karena seni itu Luas seluas Lautan.

Seperti yang di bilang sebelumnya, band Indie nggak punya label untuk bernaung. Nggak jarang mereka membuat label sendiri untuk merekam sendiri karya lagu mereka dari Laptop mereka sendiri. Seiring dengan kemajuan teknologi Record sekarang yang makin maju dan memadai, hal itu banyak meng-inspirasi para pelaku musik untuk berkarya. dan memasarkan karya-karyanya . Pemasaran mereka biasanya melalui antar kawan atau media sosial. Nggak jarang mereka sering melakukan konser-konser kecil di kota-kota besar untuk mempromosikan lagu-lagu mereka. Band Indie sama sekali nggak melibatkan major label atau perusahaan rekaman ternama untuk mempopulerkan karya mereka.

Hal itu di jelaskan panjang lebar Sewaktu, kami mewawancarai secara exclusif pembina komunitas Indie Band Lamongan, M.Ferry di sapa akrab dengan “Bang Frey Indie”, terangnya :
Setiap tahun kami selalu melakukan seleksi dan lomba karya cipta lagu sendiri, hal ini sudah sejak 2005 dilakukan. seleksi band dengan karya terbaik sudah kami adakan di akhir tahun 2017, september di alun alun kota Lamongan bergandengan dengan Event Lamongan ART, Dewan Kesenian Lamongan (DKL). Dan dipilih 10 karya band terbaik, Dalam proses record karya dan pembinaan nya berjalan sampai hari ini, di 2018 agustus rencana album karya bersama tersebut akan di launching bersamaan dalam rangkaian akhir Kegiatan Parade Band “Nada Proklamasi” besok , “saya berharap komunitas musik semua Genre di lamongan bisa terus bersinergi, saling bersatu dan saling mendukung meski berbeda Genre. Dan sangat berharap komunitas komunitas pemuda di Lamongan mendapatkan selalu perhatian oleh Pemerintah Daerah, baik dalam kemudahan fasilitas publik untuk event musik khusus nya, perijinan ataupun support bantuan pendanaan/sponsorship, atau adanya event event musik yang diadakan oleh PEMKAB setiap bulan atau triwulan nya. ungkap nya.

Hal senada diungapkan oleh mas Anggit anggota DKL ( Dewan Kesenian Lamongan ) Seksi musik, diri nya mengatakan bahwa. Komunikasi dan ajang untuk apresiasi musik di Lamongan masih sangat terbatas, perlu adanya perhatian lebih dan Pembinaan nya di lingkungan paling dasar yaitu Sekolah Dasar sampai tingkat SMP/SMA/SMK melalui Ekstrakulikuler seni musik untuk setiap sekolahan yang harus nya ada, karena hal itu adalah wujud perhatian kepada pemuda pecinta musik serta dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan indah nya seni musik sejak dini, serta salah satu tempat untuk mengasah mentalitas,disiplinitas,dan dapat menumpuhkan Kreatifitas pelajar “.

Komunitas Indie Band Lamongan adalah satu komunitas musik yang mewadahi para musisi khususnya Indie, turut berperan dalam mengembangakan musikalitas para pemuda Lamongan, dengan menampilkan musisi-musisi indie kreatif yang bersinergi dengan Penggiat Event, Sponsorship, dan Radio seperti Radio Prameswara 103,9 FM yang setiap Sabtu menyiarkan ajang khusus Indie Prameswara dengan memutar lagu lagu Karya Band Indie ; Support Sponsor perusahaan Nasioanal serta lokal, mengandeng pelaku Studio Musik daerah dan luar daerah untuk mengangkat pelaku seni musik lainnya seperti pelaku industri musik nasional dan masyarakat seni secara umum.

“Bentuk kegiatan yang sering disajikan adalah live music perform, sejak 2005 komunitas ini sudah Eksis, meski pelan pelan tapi Berjalan dengan visi dan misi yang jelas dan terarah . Seperti Tema yang diusung pada acara Parade pada Agustus nanti yaitu dengan tema “Nada Proklmasi” dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI di halaman Kantor KNPI Lamongan, baru kali pertama ini kita mendapat perhatian untuk Giat seni musik, semoga hal ini akan lebih sering diadakan, ini juga berdampak positif kedepan nya terhadap kemajuan seni musik di lamongan khusus nya, dan Jawa Timur pada Umum nya”, Jelas Bang Frey indie.

Praktek apresiasi musik nya terlihat saat penyajian musiknya. Setiap kelompok musik yang tampil tidak hanya berada disatu panggung event, tetapi mereka berpindah-pindah tampil dari satu panggung ke panggung lainnya ( Eksis ) dari sekolah sampai cafe cafe di lamongan. Diri nya menjelaskan, 13 tahun adalah waktu yang tidak singkat ini merupakan wujud kerja keras nyata bersama semua Generasi pecinta musik Lamongan dari awal sampai generasi sekarang. seperti yang disampaikan dalam Islam, untuk hidup saling mengasihi, melayani, berbagi kepada sesama, rasa cinta kasih, bakti manusia kepada Sang Pencipta. Implementasikan ajaran Islam ke dalam kegiatan berkesenian yang positif, dalam bentuk memberikan penghiburan, berbagi keindahan bahkan ajakan untuk berbuat kebaikan, yang kesemuanya itu merupakan makna dan hikmah dari bersatu dan berkumpul yang Positif, ikut berperan dalam membangun mental dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, Indonesia.

“Apapun yang dikerjakan oleh teman-teman pecinta musik ini akan berdampak luar biasa ke depan nanti, baik secara material maupun spiritual, memberikan tuntunan, informasi, dan inspirasi,” tambah bang Frey, untuk hal lainnya adalah Proses Pendewaaaan dalam Bermusik dalam menciptakan karya apik nya, itu merupakan hasil dari proses panjang para musisi atau band-band terbaik, banyak pilihan dan jalan menuju kebehasilan yang penting berkarya tulus, eksis dan selalu belajar, jangan cepat puas karena kita akan berhenti berkarya, dan tunjukkan kemampuan diri maka nilai akan mengikuti . Untuk penikmat musik juga harus lebih dewasa, terutama para pemuda pemudi kita juga harus Tertib dan Berkomitmen untuk bersama sama menjaga Keamanan dan Ketertiban kegiatan Event musik yang terselenggara dari awal event sampai akhir damai, nyaman dan aman ; musik itu asik bareng bukan anarkisme. Klo aman dan tertib maka kegiatan bermusik akan lebih sering diadakan, mari sepakat untuk Berkarya Bersama satukan Frekuensi untuk Pesatuan dan Kesatuan, tunjukkan Persaudaraan dan kebersamaan itu, saling mengisi dan membangun, semua ikut andil dalam hal itu.

Nah, itu tadi merupakan pengertian dan sejarah singkat mengenai band Indie. Buat kamu yang punya band, ini saatnya kamu berkarya dengan menciptakan lagu kamu sendiri dan memasarkannya lewat jalur indie. Selama lagu kamu bagus, band kamu akan diterima di pasaran. (Fer)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY