Menlu Belanda ke Waduk Prijentan, Mahasiswa Indonesia Diberikan Bea Siswa

Menlu Belanda ke Waduk Prijentan, Mahasiswa Indonesia Diberikan Bea Siswa

92 views
0
SHARE

Kabarone.com, LAMONGAN – Waduk Prijanten yang letaknya di Dusun Janten, Desa Tenggerejo, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan Jawa Timur telah dikunjungi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) dari Kerajaan Belanda, H.E. Stef Blok.
Rabu, (03/7/2018).

Atas kunjungannya ini Stef Blok punya harapan selanjutnya bisa bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia khususnya di bidang sumber daya air. Kerjasama yang nantinya bisa diharapkan agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan para petani khususnya di Kabupaten Lamongan. Hal ini dikarenakan kebutuhan air sangat penting bagi petani, selain itu juga untuk ketersediaannya air bersih bagi masyarakat,adanya irigasi yang berasal dari Waduk Prijanten lebih-lebih untuk mengairi lahan pertanian (sawah) bagi para petani.

Disisi lain, nantinya sebagai wujud nyata dari kerjasama di bidang sumberdaya air,maka bagi mahasiswa asal Indonesia yang menempuh perkuliahan di Belanda yang menempuh jurusan bidang sumberdaya air oleh kerajaan Belanda diberikan bea siswa.

Lebih lanjut H.E Stef Blok, Kerajaan Belanda telah menyiapkan program bea siswa bagi mahasiswa asal Indonesia yang mengenyam pendidikan di bidang sumber daya air di Belanda” ujarnya.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh M. Arsyadi Sekertaris Direktorat Sumber Daya Air Kementrian PUPL, bersama rombongan lainnya.

Sekretaris Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PUPL, M. Arsyadi menyampaikan, tujuan kedatangan H.E Stef Blok ke Indonesia sebagai Menteri Luar Negeri Kerajaan Belanda merupakan wujud nyata semakin kuatnya hubungan bilateral antara kedua negara. Dan kami berharap hubungan tersebut semakin meningkat,” papar Arsyadi selaku Sekretaris Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PUPL.

Pada momentum ini, Fadeli Bupati Lamongan menyampaikan, Waduk Prijetan di bangun pada jaman Belanda pada tahun 1909 yang diresmikan pada tahun 1917 dengan pelaksana pembangunan Meyr FA Dligoor yang masih keluarga H.E Stef Blok.

Dengan dibangunnya Waduk Prijetan telah mampu mengairi lahan pertanian (sawah) seluas 231 Hektare yang berada di wilayah Kecamatan Kedungpring, Kecamatan Sugio dan di wilayah Kecamatan Modo.

Menteri Luar Negeri Belanda H.E Stef Blok datang ke Lamongan sekalian juga mengunjungi makam kakeknya yang berada di area lokasi Waduk Prijetan tersebut,” pungkas Bupati Fadeli,” (red).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY