Seleksi Makin Ketat, 5 Catar Akpol Gugur Tes Jasmani

Ragam1,376 views

Kabarone.com, SEMARANG – 5 orang calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dinyatakan gugur tidak memenuhi syarat dalam seleksi kesamaptaan jasmani.

Hal tesebut setelah tim seleksi tingkat pusat melakukan sidang tahap ketiga seleksi calon taruna Akpol. Dengan demikian, sebanyak 360 calon taruna yang tersisa akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni tes akademik.

“Pada seleksi tahap ketiga yakni kesamaptaan jasmani, dari 365 calon taruna sebanyak 5 calon taruna dinyatakan gugur tidak memenuhi syarat,” kata Kepala Biro Pengendali Personel Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Mabes Polri Brigjen Pol Sudarsono di gedung Graha Cendekia Akpol, Semarang, Sabtu (21/7).

Disebutkan, dalam seleksi kesamaptaan jasmani meliputi A dan B, renang dan antropometri. Untuk kesamaptaan A adalah lari 12 menit dan kesamaptaan B meliputi Pull Up, Sit Up, Shuttle Run.

“Dari 365 calon taruna ini yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 360 orang. Pada kesamaptaan jasmani, ada 2 calon taruna yang dinyatakan gugur tidak memenuhi syarat karena mendapat nilai 0 di beberapa penilaian. Kemudian 3 calon taruna tidak memenuhi syarat di antropometri,” katanya.

Selanjutnya, Brigjen Pol Sudarsono menjelaskan, panitia akan langsung melakukan tes akademik terhadap para calon taruna yang tersisa pada 22 Juli besok di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

“Tanggal 22 itu tes akademik. Disana untuk pelaksana juga bisa dimonitor hasilnya pada saat calon taruna itu melaksanan ujian, sehingga orang tua pun diberikan kesempatan untuk melihat perkembangan nilai dari para calon taruna yang sedang mengikuti ujian. Betul-betul transparan, bisa melihat hasil akhir dari seleksi itu sendiri,” terang dia.

Tiga tahap sudah terlewati, lanjutnya, masih ada dua tahap lagi dan memang harus teliti betul dalam melakukan seleksi ini. “Sekecil apapun jangan sampai terlewatkan, sehingga diharapkan menghasilkan taruna-taruna yang berkualitas,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya pada Selasa (10/7) lalu, dari 376 calon taruna ada 7 orang dі аntаrаnуа tеlаh dinyatakan tіdаk lolos раdа seleksi tahap pertama. Kemudian berkurang 4 orang раdа seleksi tahap kedua dan 5 orang pada tahap ketiga.

Dari ke 360 catar, akan terus diseleksi hingga berjumlah 250 orang, terdiri dari 220 taruna dan 30 taruni. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *