Tim Serapan Gabah Mabes TNI- AD Pantau Serapan Gabah di Wilayah Kodim...

Tim Serapan Gabah Mabes TNI- AD Pantau Serapan Gabah di Wilayah Kodim 1004/Kotabaru

76 views
0
SHARE

Kabarone.com, Kotabaru – Tim Serapan Gabah Mabes TNI- AD melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kodim 1004/ Kotabaru Kalimantan Selatan, Kamis (26/7). Kehadiran Kolonel Inf. Benny dan Kolonel Inf. Suyitno ini dalam rangka pemantauan serapan gabah dan ketahanan pangan tahun 2018 di wilayah Kodim 1004/Kotabaru.

Hadir dalam penyambutam Tim Serapan Gabah Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto S.Sos, Kepala Ketahanan Pangan Kotabaru Ir. H. Akhmad Asbili, Para perwira Staf Kodim 1004/Kotabaru, seluruh Danramil Kodim 1004/Kotabaru, Kepala Sinlog Bulok Kotabaru Rini, Kepala Gudang Bulog Faisal dan Staf Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru.

Kepala Ketahanan Pangan Kotabaru Ir. H. Akhmad Asbili mengatakan, tugas pokok DKP diantaranya membantu kebijakan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di bidang pangan. Selain itu juga berfungsi sebagai pelaksana pembina, pelaksana kebijakan dan pelaksana bimbingan dibidang ketahanan pangan serta sebagai perumusan program pengembangan yang sesui dengan tugas pokok kebijakan dan pedoman yg ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Kepala Sinlog Bulog Kotabaru Riri mengatakan, gudang pengolahan gabah atau beras yang ada di Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu, kapasitas muatan dalam gudang yang ada di Kabupaten Kotabaru berjumlah 2000 ton beras sedangkan di Kabupaten tanah bumbu bisa menampung 500 ton beras. Gudang Bulog juga menyimpan kebutuhan pokok diantaranya gula pasir, gandum dan minyak goreng, ungkapnya.

Ketua Tim Serapan gabah Kolonel Inf Benny mengatakan, Tim selalu melaksanakan sosialisai ke wilayah yang ada di Indonesia guna memajukan kesejahteraan masyarakat. Dilihat dari kerjasama baik pemerintah, pok tani dan para Babinsa/ Bhabinkamtibmas.

Kabupaten Kotabaru sudah cukup bagus dalam memajukan bidang pertanian akan tetapi masih rendahnya kesadaran petani kepada pemerintah, salah satunya adalah suplay gabah/ beras ke Bulog, sehingga Bulog dalam penyerapan gabah petani agak menurun. Saya menghimbauan kepada para mitra tani agar selalu menyalurkan 10% gabahnya ke Bulog dan ini bertujuan untuk beramal dan membantu masyarakat lain, selain itu juga bertujuan untuk mensukseskan progam pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan ekonomi masyarakat.

Tim Serapan gabah petani TNI – AD turun ke wilayah teritorial Kodim 1004/Kotabaru yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, pemantuan secara langsung serapan gabah wilah Kabupayen Kotabaru terhadap pencapian target serap gabah petani untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan antara TNI dan Rakyat, membantu ketahanan pangan sesuai dengan program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah yang di bantu oleh TNI sebagai wujud komitmen dan harapan masyarakat guna peningkatan kesejahteraan.

Selain itu juga dukungan TNI kepada mitra petani sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan kinerja dalam bertani sekaligus memupuk tali solidaritas yang kuat dalam mengatasi permasalahan pangan. Dengan demikian semua program bisa tercapai dengan maksimal dan sesuai target yang sudah ditentukan Pemerintah Pusat.

Dari Hasil gabah petani kiranya bisa diserap oleh Bulog sebagai bentuk kepedulian pemerintah guna membantu kesejateraan dan meningkatkan kerja petani walau pun gabah dalam kualitas rendah. Kelompok tani dan masyarakat merespon baik dengan diadakannya Rapat Koordinasi Tim Serapan Gabah dengan harapan dapat meningkatkan hasil dan kwalitas gabah/ beras yang di tanam. (Hrp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY