Kereta Priority Resmi Diluncurkan dan Berhenti di Tiga Stasiun

Daerah, Regional432 views

Kabarone.com, SEMARANG – KA Argo Muria relasi Semarang-Gambir (PP) secara reguler telah dilengkapi dengan fasilitas layanan Kereta Jenis Priority sebanyak satu buah pada tiap rangkaiannya resmi diluncurkan, Senin (27/8).

Animo masyarakat terhadap kehadiran layanan kereta Priority ini, mendapat respon yang sangat besar. Ini bisa terlihat dari okupansi penumpang di kereta Priority yang mencapai 100 persen alias penuh di perjalanan perdananya.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, pada hari ini KA Argo Muria (KA 13) relasi Stasiun Semarang Tawang-Stasiun Gambir membawa 8 gerbong kereta eksekutif dan 1 gerbong kereta priority, dengan daya kapasitas 428 tempat duduk dan semuanya telah habis terjual.

“Kehadiran layanan kereta Priority ini merupakan hasil dari kerjasama antara pihak PT KAI dan PT KA Pariwisata sebagai anak perusahaan dari PT KAI yang bergerak di sektor angkutan kereta wisata,” katanya.

Ia menjelaskan, Kereta Kelas Priority ini mempunyai kapasitas tempat duduk 28 seat setiap gerbong keretanya.

Kereta kelas Priority juga dilengkapi dengan fasilitas diantaranya LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalanan, penumpang dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio dan Video.

Selain kursi yang sudah dilengkapi meja portable, tersedia juga power socket di sebelah kursi sehingga selama perjalanan, penumpang tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya.

Kemudian penumpang juga dapat bersantai dengan kenyamanan kursi ergonomis dengan ruang kaki yang lapang.

Fasiltas lainnya yang terdapat di kereta kelas Priority diantaranya Karaoke System, Mini Bar, ruang Bagasi (20 kg),dan Toilet.

“Tambahan layanan gerbong kereta kelas Priority pada KA Argo Muria ini, merupakan wujud komitmen dari Manajemen PT KAI (Persero) dan PT KA Pariwisata untuk senantiasa memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya bagi para pelanggan kereta api di wilayah Semarang yang sudah menjadi pelanggan setia KA Argo Muria,” ungkapnya.

Menurut Suprapto, Kehadiran gerbong Kereta Priority ini akan melengkapi fasilitas gerbong kereta di KA Argo Muria yang sudah ada saat ini, yaitu terdiri dari 8 gerbong Kereta Eksekutif (K1), 1 gerbong Kereta Makan (M1) dan 1 gerbong Kereta Pembangkit.

“Jadi total daya kapasitas untuk KA Argo Muria saat ini telah menjadi 428 tempat duduk setiap perjalanannya, yang sebelumnya berjumlah 400 tempat duduk,” ujarnya.

Adapun Jadwal keberangkatan untuk KA Argo Muria (KA 13) relasi Semarang Tawang-Gambir yang dilengkapi fasilitas Kereta Priority ini, yaitu berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pukul 16:00 WIB, dan tiba di Stasiun Gambir pada pukul 22:08 WIB.

Sedangkan KA Argo Muria relasi Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang (KA 14) berangkat dari Stasiun Gambir pukul 07:00 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 13:00 WIB.

KA Argo Muria yang dilengkapi fasilitas kereta kelas Priority tersebut juga berhenti di Stasiun Cirebon, Tegal, dan Pekalongan, serta berjalan regular setiap hari, yang sebelumnya berjalan setiap akhir pekan.

Sementara tarif promo KA Argo Muria Kelas Priority mulai tanggal 27 Agustus 2018 adalah Rp 480.000 saat weekday dan Rp 700.000 saat weekend. Tiket dapat diperoleh di stasiun kereta dan channel distribusi KAI lainnya.

“Semoga dengan peningkatan layanan di transportasi kereta api ini, dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan ke wilayah Jateng, khusus ke wilayah tempat wisata di koridor Jawa bagian Pantura seperti Pekalongan dan Semarang,” kata Suprapto.

Manager Humas PT KA Pariwisata, Syarifah Safia menambahkan, selain layanan Kereta Priority, masih ada berbagai macam layanan lain dari pihak PT KA Pariwisata dalam layanan bagi para penumpang kereta api.

“Total ada 7 tipe kereta yang dimiliki oleh PT KA Pariwisata di antaranya Kereta Nusantara, Kereta Bali, Kereta Toraja, Kereta Sumatera, Kereta Jawa, Kereta Priority dan Kereta Imperial,” jelasnya. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *