Ritel Zero Growth, Saatnya LA Mart

Ritel Zero Growth, Saatnya LA Mart

75 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan – Bupati punya alasan khusus, soal kebijakannya yang sudah tidak memberikan izin baru bagi pendirian toko ritel. Dia ingin agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membuat holding, mendirikan unit usaha sendiri.

Saat ini seluruh 462 desa di Lamongan sudah memilik BUMDes. Dan di setiap kecamatan sudah berdiri BUMDes Bersama dengan berbagai unit usaha yang telah dijalankan.

Salah satu unit usaha yang gencar didorong Fadeli agar didirikan adalah LA Mart. Saat ini, sudah ada lima BUMdes yang telah mendirikan LA Mart.

Yakni LA Mart milik BUMDes Bersama Kecamatan Sukodadi, Maduran, Mantup, Kalitengah dan Pucuk. Untuk LA Mart milik BUMDes Bersama Unggul Mandiri Kecamatan Pucuk yang berlokasi di Desa Warukulon, peresmiannya dilakukan Bupati Fadeli, Jum’at (24/8).

Fadeli memberi apresiasi kepada seluruh Kades dan camat yang telah mendirikan BUMDes dan BUMdes Bersama. Dia berharap, melalui BUMDes inilah, sumber daya alam setempat bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Namun dia meminta agar pengelolaanya dilakukan secara profesional. “Jangan sampai hari ini Saya resmikan, tiga bulan kedepan barangnya habis dan tidak bisa kulakan lagi, “ pesan Fadeli.

Selain itu dia memerintahkan agar dibuat identitas korporat untuk LA Mart yang semenarik mungkin. Dengan tulisan, warna, dan logo yang harus bercirikan Lamongan.

“Contoh kecil, tadi malam Saya dari arah Babat menuju Lamongan sambil coba mencari dimana LA Mart Pucuk, dan tidak ketemu. Padahal lokasinya di pinggir jalan nasional. Rupanya itu karena papan namanya yang tidak eye catching, “ katanya memberi contoh.

Dirinya menyarankan agar di lokasi LA Mart juga dikonsep sebagai rest area. Dengan menyediakan tempat duduk yang nyaman, dan warung kopi untuk pengendera melepas lelah.

Selain itu, dia menandaskan agar produk yang dijual, 25 persennya adalah produk lokal. Tentu harus dikemas dengan baik dan kualitas produknya harus premium.

Kedepan, dia menginginkan LA Mart masuk di bisnis uang elektronik (e money) dan perniagaan elektronik (e commerce). Fadeli mempersilahkan untuk bekerjasama dengan lembaga perbankan yang paling siap.

Disampaikan terpisah oleh Camat Pucuk Deddy Dian Ali, BUMdes Bersama Unggul Mandiri Kecamatan Pucuk memiliki empat unit usaha. Yakni usaha jasa, pertokoan, simpan pinjam dan penjualan Alsintan (alat mesin pertanian). (RED)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY