Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018, Lamongan Deklarasi Pemilu Damai

Hankam586 views

Kabarone.com, Lamongan -Acara gelar pasukan “Operasi Mantap Brata Semeru 2018” dalam rangka menjelang pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang. Gelar pasukan tersebut bertempat di alun-alun kota Lamongan, Rabu (19/09/2018) pagi.

Gelar pasukan yang diikuti oleh pasukan dari jajaran Polres Lamongan, Kodim 0812 Lamongan, Dishub, Sat Pol PP, Damkar Kabupaten Lamongan serta para pimpinan partai politik peserta pemilu yang ada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan ini”,Bupati Lamongan H. Fadeli, SH. MM, Dandim 0812 Lamongan Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa, Kapolres Lamongan AKBP. Feby D.P. Hutagalung, S.IK, MH, Kajari Lamongan Diah Yuliastuti, SH, ‎Kepala Pengadilan Negeri Lamongan Nova Glori Bunda, SH, Wabup Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, MM. MHP, Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali, Ketua Bawaslu Lamongan Miftahul Badar, PA Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0812 Lamongan. PA Staf dan ‎Kapolsek Jajaran Polres Lamongan, Pimpinan masing-masing partai politik peserta pemilu 2019 yang ada di Kabupaten Lamongan.

Dalam kesempatan ini Kapolres Lamongan AKBP. Feby D.P. Hutagalung, S.I.K MH dalam amanatnya mengungkapkan, “apel yang digelar pagi hari yang terpusat di alun-alun, dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019 dengan sandi “Operasi Mantap Brata 2018” tambah Kapolres, pemilu nanti terbilang kompetisi nasional bukan seperti biasanya karena digelar serentak mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemilihan Anggota Legislatif baik DPR-RI, DPD, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II. Sehingga diprediksi akan terjadi kompetisi tingkat nasional dan juga tingkat daerah.

“Dalam rangka mensukseskan pemilu kali ini yang akan diselenggarakan dan digelar secara serentak untuk itu mari kita bersama-sama ikut berperan aktif dengan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” ujar Kapolres Lamongan.

Kapolres Lamongan juga menyampaikan, jika dalam “Operasi Mantap Brata 2018″ pasukan yang disiapkan berjumlah 6562 personil. Pasukan yang berasal dari unsur jajaran Polres Lamongan, Kodim 0812 Lamongan, serta Sat Pol PP dan Linmas Kabupaten Lamongan ini semuanya akan terlibat pengamanan. Semua pasukan dengan tugas masing-masing. Namun, kalau memang masih diperlukan jumlah sebanyak itu bisa bertambah karena pasukan backup dari Polda Jatim sudah disiapkan” tandas Kapolres.

Pada giliran Komandan Kodim 0812 Lamongan menambahkan, “kepada seluruh anggota baik TNI-Polri hendaknya selalu menjaga netralitasnya dengan tidak memihak salah satu partai politik peserta pemilu. Hal itu di khawatirkan nantinya akan menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Oleh karenanya, keadaan ini perlu kita waspadai bersama utamanya netralitas sebagai anggota TNI-Polri sangat diharapkan sehingga suasana bisa kondusif menjadi prioritas utama secara bersama-sama” pesan Letkol Arh. Sukma Yudha Wibawa Dandim 0812 Lamongan.

“Operasi Mantap Brata 2018” ini, dimulai pada hari Kamis, 20 September 2018 dan berlangsung sampai dengan 397 hari ke depan. Pada kesempatan ini juga diadakan “deklarasi pemilu damai serta penandatanganan kesepakatan” untuk sama-sama menjaga suasana tetap kondusif baik menjelang pemilu maupun pelaksanaan ataupun paska pemilu, “pungkas Dandim 0812 Lamongan Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *