TIPS BELAJAR DENGAN EFEKTIF SEBAGAI MAHASISWA BARU

Ragam456 views

Oleh : Ade Nurseha

Pernahkah kamu merasa tidak konsen saat mengikuti perkuliahan? Apa alasanya? Pasti hampir semua orang merasa bosen mendengarkan materi dari dosen entah itu karena mengantuk, belum siap untuk belajar, atau bahkan tidak menyukai mata kuliah tersebut. Tapi, itu semua bukan alasan kita bermalas-masalan untuk kita belajar.

Jika kita terus seperti itu dengan cara apa kita akan mendapatkan IPK sesuai dengan nilai yang ditentukan? Nilai IPK adalah salah satu syarat untuk melanjutkan ke tahap semester selanjutnya dalam bangku perkulihan jika kita mendapatkan nilai dibawah IPK yang telah ditentukan itu artinya kita harus mengulang pelajaran tersebut di semester selanjutnya.

Bukankah itu menjadi sesuatu yang sangat ditakuti oleh setiap mahasiswa?

Oleh karena itu ada beberapa cara agar kita memahami materi yang di berikan dosen salah satunya adalah sebagai berikut:
1. Berdoa sebelum memulai perkuliahan
2. Sebelum besok masuk kuliah kita harus membaca materi lebih awal agar kita setidaknya tahu apa yang akan diberikan dosen keesokan harinya.
3. Menyukai mata kuliah tersebut. Karena jika dari awal kita tidak menyukai mata kuliah tersebut apapun yang dosen sampaikan kita tertarik untuk memperhatikan.
4. Tidak harus mencatat semua materi yang dosen sampaikan. Artinya cukup menulis materi yang sekiranya kita tidak paham kemudian kita pelajari lagi setekah perkuliahan selessai.
5. Harus menjadi mahasiswa yang aktif. Jangan pernah merasa takut atau malu untuk bertanya.
6. Membuat rangkuman dari mata kuliah tersebut.
7. Jangan pernah menunda tugas yang diberikan oleh dosen.
8. Rajin-rajinlah membaca buku entah itu fiksi atau nonfiksi.

Itulah beberapa cara belajar efektif yang dapat kita lakukan dalam perkuliahan. Ingat, lakukan apapun dengan sebaik mungkin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *