KNPI Sebagai Wadah dan Pengerak Kreatifitas Pemuda Lamongan

KNPI Sebagai Wadah dan Pengerak Kreatifitas Pemuda Lamongan

85 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan – KNPI Lamongan terus melakukan innovasi pemberdayaan dan mewadahi kreatifitas pemuda pemudi masyarakat Lamongan, dengan Menggandeng Exs.com Sablon Community membuka pelatihan pembuatan sablon basic
( Dasar ) pelatihan berlangsung pada hari minggu kemaren (7/10/2018) di gedung Pemuda KNPI Lamongan.

Tujuan dari pelatihan ini untuk memberdayakan masyarakat agar mencapai kemandirian secara ekonomi dan sosial, Adapun instruktur pelatihan ialah Muktar dan cak Mif dari exspress Sablon Mantup.

Dalam pelatihan ini peserta dilatih agar memiliki keterampilan sablon yang dapat diterapkan untuk memproduksi suvenir dan kaos sebagai cendera mata khas Lamongan. Sekaligus mendukung promosi pariwisata Lamongan, karena banyaknya turis atau tamu perusahaan mencari kaos khas Lamongan. Bahkan kelak diharapkan bisa membuat desain kaos tema Wisata Lamongan. Melihat banyaknya minat wisatawan mencari cendera mata khas Lamongan maka ini dapat menjadi potensi bisnis yang menguntungkan. Sekaligus menjadi wadah aktualisasi diri bagi peserta dan mitra binaan dalam mengembangkan kreativitasnya.

“Seperti pelatihan ini harus nya sering dilakukan dan tidak boleh hanya teori saja, Sehingga nanti akan ada praktik langsung dengan alat-alat yang sudah disiapkan. Selepas pelatihan hasilnya boleh dibawa pulang untuk ditunjukan ke kelompoknya,” kata dia.

Ia meyakini, usaha penyablonan terlihat kecil namun hasilnya luar biasa. Ini menjadi salah satu contoh usaha berprospek menjanjikan jika digeluti dengan baik. ketika peserta mampu membuat desain sablon kaos sendiri di rumah mereka dan mengkreasikan gambar apapun itu.

“Usai pelatihan, saat penutupan nanti, saya ingin para peserta sudah memakai kaos hasil sablonnya sendiri. Harus ada hasil nyata, sehingga tidak hanya teori saja. Harapannya, nantinya tidak lagi memesan kaos dari luar tapi dapat memproduksi sendiri,” Adapun target pelatihan ini, pulang langsung bisa “, tambah muktar.

Kegiatan ini diadakan berjutuan untuk Pemberdayaan pemuda dan Pemberdayaan Masyarakat Lamongan, Dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua KNPI Lamongan, H. Debby Kurniawan yang sudah membuat kegiatan pelatihan sablon ini.

Kegiatan ini sejalan dengan visi Pemda guna membekali pemuda dan masyarakat yang di harapkan kedepan nya bisa membuka lapangan pekerjaan di daerah nya sendiri, dan mengurangi angka penggangguran, mengangkat budaya dan kota nya lewat industri kreatif yang bertumpu pada kualitas sumber daya manusia. Dalam pelatihan ini kita tidak mengenal banyak atau sedikitnya sasaran tapi apa yang kita perbuat setelah mengikuti pelatihan,” tutur cak mif salah satu tutor yang juga sebagai pelatih.

Mereka berdua sudah 2 tahun telah menjalankan bisnis sablon. Ia berharap, melalui pelatihan ini, mitra binaan lebih maksimal dalam mengelola usaha serupa. Dengan keterbatasan yang ada, mereka mampu mendapat penghasilan Rp 3-5 juta per bulan dari hasil bisnis kerajinan. Bukan hanya suvenir dan sablon namun hingga ke bisnis Kreatif Cetak melalui media selain Kaos.

“Usai pelatihan, peserta bisa lebih mandiri, Selain didukung manajement pemasarannya juga mempromosikan produk lokal kepada para masyarakat dan wisatawan yang datang ke Lamongan,” kata dia.

Mukta dan Mif mengatakan akan terus membina & memfasilitasi mitra binaannya pada pelatihan sablon dan cetak melalui Group WA, jadi bisa Sharing kapan saja. Ia memastikan, akan memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.

“Selama ini usaha Sablon dipandang sebelah mata, kami ingin menepis kepada masyarakat bahwa usaha Sablon dan Cetak juga bisa menjadi Sumber Income yang besar “.

Maka melalui perlatihan ini dapat mengarahkan bakat tersebut pada hal positif, mengaktualisasikannya pada wadah sablon dan cetak. Ia bersama rekan Komunitas sablon Lamongan lain akan membuktikan kepercayaan ini melalui hasil yang lebih baik dan maksimal. Serta menularkan ilmu tersebut kepada rekan lain juga memberikan yang terbaik untuk Kota Lamongan. (F2)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY