PT. Thiess Senakin Salurkan Air Bersih Untuk Warga Desa Geronggang

PT. Thiess Senakin Salurkan Air Bersih Untuk Warga Desa Geronggang

126 views
0
SHARE

Kabarone.com, Kotabaru- Dengan menggunakan mobil water truk, PT. Thiess Senakin menyalurkan bantuan air bersih bagi warga di Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru yang hampir tiga bulan terakhir ini kekurangan air bersih.

Mobil water truk yang berisi 32000 liter air bersih ini langsung di pindahkan ketempat penampungan air bersih yang sudah di sediakan oleh pemerintah Desa Geronggang berupa tandon berkapasitas 5000 liter sebanyak empat (4) buah yang di letakkan di samping kantor Mapolsek Kelumpang Tengah.

Bantuan air bersih dari PT. Thiess Senakin ini merupakan bantuan yang pertama kalinya yang disalurkan untuk warga Desa Geronggang atas pengajuan LSM- Gerakan Rakyat Nusantara (Garnut) dan dukungan pemerintah Desa Geronggang.

Sebelum ada bantuan air bersih ini, sehari- harinya warga memeperoleh air bersih dengan membeli dari penjual dengan harga Rp 15 ribu per satu drum.

Jum’at 5/10/18 Perwakilan pemerintah Desa Geronggang Juhaini mengatakan, selama memasuki musim kemarau ini, pemerintah Desa akan bekerja sama dengan LSM- Garnut dan pihak perusahaan swasta khususnya PT. Thiess Senakin untuk bisa menyalurkan dan mengisi air bersih setiap tempat penampungan kosong setelah di pergunakan warga, dengan tujuan agar kebutuhan air bersih terpenuhi.

Air bersih yang di sediakan ini sipat gratis bagi warga, siapapun silahkan ambil sepuasnya di tempat penampungan yang sudah di sediakan ini. Kemaren rencananya tong atau tandonya mau di letakkan di setiap gang tapi berhubung water truknya tidak bisa masuk karena terlalu besar sehingga kami hanya memusatkan di satu titik saja, ungkapnya.

Di jelaskan Juhaini, kekurangan air bersih banyak yang di alami oleh warga yang tinggal di daratan yang lebih tinggi, seperti halnya di kawasan RT. 1, 2 dan RT. 8, meskipun air ledding yang di alirkan oleh warga ke rumah- rumah juga tidak normal lagi mengalirnya karena debit airnya makin berkurang setiap harinya.

Ia berharap dengan adanya bantuan air bersih ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak kesulitan air akibat kemarau, karena hampir semua sumur-sumur dangkal milik warga kini mengalami kekeringan, termasuk sumber mata air di beberapa titik juga mulai mengering, ujar Juhaini.(Hrp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY