Rapat Tim PORA, Pengawasan Masyarakat Sangat Diperlukan

Rapat Tim PORA, Pengawasan Masyarakat Sangat Diperlukan

38 views
0
SHARE

Kabarone.com, SEMARANG – Peran serta masyarakat dalam pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia sangat diperlukan guna membantu menekan tingkat pelanggaran yang terjadi.

Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Divisi keimigrasian Kanwil Hukum dan Ham Jawa Tengah, Ramli pada Gelar Rapat Tim Pengawasan Orang asing (TIM PORA) 2018 Kabupaten Semarang, di Balemong Resort Rabu (7/11)

” Selain Tim PORA yang terdiri dari Imigrasi dan unsur pemerintah, masyarakat juga harus melakukan pengawasan guna mendeteksi dan antisipasi terhadap indikasi pelanggaran orang asing, ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Ramli mengemukakan maksud dan tujuan diadakannya rapat ini adalah mewujudkan sinergitas dalam rangka kegiatan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Semarang. ” Pengawasan dan deteksi dini terhadap Warga Negara Asing (WNA) agar jangan melakukan pelanggaran menyalahgunakan ijin tinggal maupun lainnya.” jelas Ramli.

Diketahui , berdasarkan data hingga Nopember 2018 Kementrian Hukum dan Ham Jateng telah mendeportasikan langsung 135 WNA. Sebelumnya pada tahun 2017 sebanyak 125 telah dideportasi.

Turut Hadir pada acara Rapat Tim PORA diantaranya perwakilan Dinas Tenaga Kerja, Disdukcapil dan Kemenag Kabupaten Semarang. (Amr)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY