Sinergisitas TNI dengan Petani Dalam Membasmi Tikus, Upaya Ketahanan Pangan Nasional

Sinergisitas TNI dengan Petani Dalam Membasmi Tikus, Upaya Ketahanan Pangan Nasional

67 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan – Beberapa upaya membasmi populasi hama tikus sawah. Para Babinsa, PPL, Pol PP bersama masyarakat melaksanakan penerapan kepada petani dalam pembasmian Hama Tikus. Kegiatan ini sebagai perwujudan kepedulian bersama dalam meningkatkan wujud ketahanan pangan nasional khususnya di Kabupaten Lamongan tepatnya di Desa Karang wedoro Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jumat (16/11/18).

Kegiatan penerapan cara pembasmian hama tikus ini dilakukan dan dimotori oleh Babinsa dari Koramil 0812/03 Turi Serma Harto dan Kopda Eko Santoso dan PPL, Kecamatan Turi. Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu dalam pembasmian hama tikus diantaranya menggunakan alat Tiran 75 SP yang diberi dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Lamongan.

Menurut Babinsa dan PPL, kegiatan berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan hama tikus pada sejumlah tanaman padi. Serangan hama tikus hampir terjadi pada setiap musim tanam, terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen,” ungkapnya.

Hal ini tentunya, apa yang mereka lakukan ini merupakan salah satu bentuk cara memberantas hama tikus di sawah milik petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia, cara ini alami dan ramah terhadap lingkungan serta juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan antara petani dengan TNI dan pihak terkait,” katanya di sela-sela kegiatan memburu tikus.

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 0812/03 Turi Kapten Arh. Didik S. mengatakan, “Bahwa keterlibatan TNI-AD dalam kegiatan perburuan hama tikus adalah sebagai upaya membantu para petani untuk mengamankan padinya agar panennya bisa sesuai harapan tanpa terkendala oleh serangan hama khususnya hama tikus.

“Apa yang mereka lakukan tersebut menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut MoU antara TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan nasional khususnya di Kabupaten Lamongan Jawa Timur, “tegas Danramil 0812/03 (pul/ian/Pur/fer).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY