Terinspirasi Panen Raya Jagung, Dirjen Kementan RI Lakukan Kunjungan Kerja Ke Lamongan

Nasional514 views

Kabarone.com, Lamongan – Kunjungan Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi M,Si dan Waaster KASAD pada Panen Raya Jagung di Lamongan optimiskan Kedaulatan Ketahanan Pangan Nasional

Kabupaten Lamongan kembali menjadi obyek kunjungan panen Raya Jagung oleh Kementerian Tanaman Pangan RI DR. Ir. Sumardjo Gatot Irianto Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian (Kementan) RI.

Setibanya di lokasi Sumardjo Gatot Irianto Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI dan Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.Ip Waaster KASAD dengan di dampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa beserta Forkopimda kab Lamongan melaksanakan Panen Raya Jagung Secara Simbolis.

Dalam meninjau lokasi panen Raya Jagung yang bertempat di Desa Bulu Brangsi Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan Jawa Timur, dengan penanggung jawab Rudjito Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan yang dihadiri sekitar 250 orang pada Sabtu (10/11/18)

Sementara, Bupati Lamongan H. Fadeli, SH., MM. menyampaikan, dalam Panen Raya Jagung yang tersebar di wilayah Lamongan di perkirakan sekitar 1.413 Hektare dan yang ada di Kecamatan Laren ini terdapat 7 hektar dalam produktifitasnya saat ini telah mencapai 9 ton/hektare.

” Meningkatkan produksi perlu adanya penjualan dengan hasil produk olahan jagung dengan penjualan melalui BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang ada didesa,” Jadi peningkatan produksi jagung agar tidak impor perlu dukungan dari pemerintah pusat dalam hal ini dirjen tanaman pangan, dengan penyediaan bibit unggul. Apabila bibit unggul tersebut dilakukan dengan pola tanam yang tepat maka akan mendapat hasil 13 ton/ per hektare. Hal ini tentunya peningkatan tersebut nantinya akan bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam kegiatan panen raya jagung ini Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.Ip Waaster KASAD juga menyampaikan
“,Ketahanan pangan ini merupakan program Pemerintah dengan melibatkan TNI-Polri,” dengan tujuan agar program Pemerintah dapat tercapai dengan baik.

Pada kesempatan ini Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Sumardjo Gatot Irianto mengungkapkan, ”Di Kabupaten Lamongan ada sekitar 6.800 ton dan akan kami bantu 5 alat pengering serta Combain Harvester/alat pemanen. Siapkan lokasi lahan, program gerakan pengusir hama burung hantu dan bibit unggul. Hal ini karena akan segera mendapatkan dukungan lebih lanjut dari Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI.

Gerakan penanaman tumpang sari perlu dilakukan dengan program percontohan. Saat ini pemerintah sudah berhasil impor jagung, maka para petani diharapkan tetap jaga kwalitas agar harga jagung lebih stabil dengan tujuan agar para petani tidak dirugikan dan merasa diuntungkan, “Ungkapnya.

Pada gilirannya Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi M,Si mengatakan, “Panen Raya Jagung yang ada di wilayah kabupaten Lamongan khususnya di Desa Bulu Brangsi Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan Jawa Timur kali ini perlu adanya dukungan irigasi yang cukup.

Kabupaten Lamongan ini bisa panen sepanjang musim dengan adanya dukungan irigasi yang segnifikan seperti adanya sungai bengawan solo tentu sangat mendukung dan meperhatikan demi membantu para petani.

” Beredarnya informasi akan adanya impor jagung perlu adanya koordinasi lebih lanjut dan akan segera kita rapatkan untuk menemukan titik permasalahannya.

Komisi IV dan Kementan bekerjasama dengan dengan melibatkan TNI-Polri agar kedepan kemanunggalan TNI-Polri bersama Rakyat untuk kedaulatan ketahanan pangan Nasional demi mempercepat tercapainya program pembangunan Nasional.

Acara kegiatan panen raya ini dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi M.Si , Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Sumardjo Gatot Irianto, Waaster KASAD Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.lp, Danrem 082/CPYJ Kolonel Arm. Budi Suswanto S. Sos, Bupati Lamongan H. Fadeli, SH., MM, Kasiter Korem 082/CPYJ Letkol. Inf. Budi Yuwono, Dandim 0812 Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa, Sekda Kab. Lamongan, Dr. Yuhronur Efendi, SE. MM, Pa Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0812/ Lamongan, Kepala OPD sebagai Kabupaten Lamongan, Pembimbing Pertanian Jagung Kabupaten Lamongan Prof Kholil, Ketua Asosiasi Petani Jagung Nasional Sholahuddin, Camat Se Kabupaten Lamongan, Muspika Kecamatan Laren, Ka. UPT Pertanian Se Kabupaten Lamongan, Masyarakat Kecamatan Laren.

Kemudian, acara selanjutnya dilanjutkan Dirjen tanaman pangan memberikan bantuan 5 alat pengering agar kwalitas jagung tetap baik dimusim penghujan saat ini,” pungkasnya (pul/Ian/pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *