Program PKT, Masyarakat Bersama TNI Optimalkan Saluran Irigasi

Program PKT, Masyarakat Bersama TNI Optimalkan Saluran Irigasi

49 views
0
SHARE

Kabarone.com,Lamongan – Berdasarkan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri PPN/Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 18 Desember 2017 lalu memandatkan, bahwa Dana Desa digunakan untuk Padat Karya Tunai di Desa.

Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting. Ini adalah program arahan langsung dari presiden, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia.

Program Karya Bakti TNI dengan sasaran normalisasi saluran irigasi dalam pembersihan Sungai bersama aparat pemerintah, TNI-Polri, pemerintah desa besama masyarakat dengan sasaran saluran air irigasi dengan tunuan mengoptimalkan pengairan, “dalam program padat karya Tunai (PKT) Desa. Kali ini dilakukan melalui Karya Bakti dengan dilaksanakan melalui penggalangan dari dana Desa (DD) Bersama Masyarakat tepatnya di Desa Laladan Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Kamis (6/12).

Dalam Karya Bakti ini, “Danramil 0812/02 Deket Kapten. Arm. Hari melalui Babinsanya Serda. Riono. Yang turun langsung dalam kegiatan Karya Bakti ini, Danramil mengungkapkan, “kegiatan seperti ini sudah merupakan kegiatan rutin Koramil dalam rangka membantu masyarakat utamanya untuk memperlancar saluran irigasi guna mengoptimalkan pertanian di wilayah.

Karena program Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan”, ungkap Danramil 0812/02.

“Kepala Desa selaku wakul dari masyarakat Desa Laladan menyampaikan”, ucapqn terima kasih sekali dengan adanya Karya Bakti ini dan masyarakat secara umum sangat terbantu. Hal ini disamping untuk produktifitas pertanian karena saluran ini berpotensi mengairi sekitar 60 hektar sawah, juga akan berpotensi memperindah dan menyehatkan lingkungan. Tentunya, masyarakatlah yang akan menikmatinya,” tandas Kepala Desa Laladan kecamatan Deket (*).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY