Dibuat Ajang Penipuan, Akun Medsos SEKDA Lamongan Ternyata Diretas

Dibuat Ajang Penipuan, Akun Medsos SEKDA Lamongan Ternyata Diretas

177 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan–Akun medsos milik Sekretaris daerah Lamongan (Sekda Lamongan),Yuhronur Effendi diretas oleh orang tidak dikenal dan digunakan untuk melakukan penipuan.

“Ya saya baru tahu kemarin kalau akun Facebook saya diretas orang tak dikenal.Saya tahunya tiba-tiba ada banyak teman yang konfirmasi ke saya,”kata Yuhronur,Jumat(11/1/2019).

Yuhronur menyayangkan aksi peretasan ini, sebab akun Facebook yang sudah diretas itu digunakan untuk melakukan penipuan.

Modus yang digunakan adalah dengan mengirimkan pesan kepada teman Facebook Yuhronur untuk mentransfer uang dengan besaran tertentu dan berjanji akan segera dikembalikan “Seolah-olah rekening saya sedang trouble, kemudian minta tolong supaya mengirim ke rekening seseorang,” tutur Yuhronur.

Dari sekian orang yang sudah dihubungi, kata Yuhronur, sudah ada satu orang yang hampir mentransfer uang yang diminta.Beruntung sebelum calon korban ini hendak mentransfer uang,mereka terlebih dahulu menguhubungi Yuhronur melalui telepon.

“Saya yakinkan kalau itu penipuan yang memakai akun saya.Ya karena diretas,”ucap Yuhronur.

Peretas seolah memahami betul jabatan Yuhronur sebegai Sekda di Lamongan,sehingga yang menjadi sasaran pelaku diantaranya, Kepala Desa, beberapa kerabat, staf Pemda dan ada mahasiswa Yuhronur dimana ia mengajar.

Yuhronur mengaku sudah melaporkan apa yang dialaminya ke Polres Lamongan.Dengan demikian, Sekda Lamongan ini berharap peretas akun medsos yang merugikan dirinya itu bisa ditelusuri dan ditangkap, sehingga hal yang sama tidak menimpa orang lain.(*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY