Latih Mental, Mahasiswa FH Unisbank Turun Kampung

Daerah, Regional327 views

Kabarone.com, SEMARANG-Menjadi profesi hukum seperti pengacara,notaris ataupun legal officer dipastikan mempunyai ketrampilan dan pengetahuan hukum yang baik. Lebih dari itu juga komunikasi publik yang baik pula.

Demikian disampaikan Karman Sastro,pengampu mata kuliah kemahiran bantuan hukum pada sela sela pembukaan pendidikan hukum di Kelurahan Ngalian Kota Semarang, Rabu (9/01/2019)

Alumni YLBHI-LBH Semarang ini menuturkan, sebagai salah satu tugas mata kuliah kemahiran bantuan hukum, satu kelas kita turunkan di Kelurahan Ngalian Semarang dan SMK 8 Kota Semarang.

Di Ngalian, Mahasiswa akan memberikan pendidikan hukum kepada pengurus PKK Kelurahan. Tema yang dipilih adalah Kekerasan terhadap Anak dan pemenuhan hak anak menurut UU Perlindungan Anak.

Sedangkan di SMK 8 Semarang, (10/01/19) Mahasiswa akan memberikan pendidikan hukum terhadap pelajar mengenai media sosial dan resiko hukumnya menurut UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Karman menambahkan, pendidikan hukum terhadap masyarakat kampung oleh mahasiswa ini diharapkan akan bermanfaat terhadap mahasiswa dan juga masyarakat itu sendiri. Dengan model pendidikan seperti ini, mahasiswa dipaksa belajar mandiri mengenai tema yang dipilih, sedangkan masyarakat akan mendapatkan informasi bagaimana mekanisme hukum menyelesaikan masalah hukum yang dihadapi sehari hari. Tidak kalah penting itu melatih mental dan komunikasi publik mahasiswa, “akan sangat lucu jika ada produk lulusan fakultas hukum tidak terampil dalam hal komunikasi public, “imbuhnya.

Secara terpisah Dekan Fakultas Hukum Unisbank Semarang Dr.Rochmani,SH.M.Hum menuturkan terdapat 5 (lima) kelurahan yang selama ini dijadikan sebagai tempat penyelenggarakan pendidikan hukum mahasiswa.” Ilmu hukum itu tidak hanya belajar teori hukum di kelas, namun demikian ilmu hukum juga dapat kita temukan dalam relasi kehidupan masyarakat sehari hari, makanya pendidikan hukum ke kampung kampung ini perlu di tingkatkan, “harapnya. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *