Pembangunan Lapangan Bola Desa Riau Diduga Tak Sesuai RAB

Pembangunan Lapangan Bola Desa Riau Diduga Tak Sesuai RAB

86 views
0
SHARE

Kabarone.com, Bangka-Subandio, seorang warga Desa Riau, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka mengatakan kerusakan proyek lapangan bola yang belum diserahterimakan ke Pemerintah Desa cukup parah. Setelah ramai diberitakan, pihaknya berinisiatif mengecek kelapangan. Memang ditemukan lantai tribun penonton ada yang ambruk. Demikian juga penopang pagar juga terdapat keretakan. Melihat hasil pekerjaan, menurut Subandio pekerjaan diduga asal jadi dan tak sesuai RAB. Hal ini dapat dilihat dari komposisi adukan. “Saya ambil beton lantai tribun penonton yang banyak pecah, kemudian saya remas, dan menjadi butiran semua”, katanya.

Karena kerusakan parah, lanjut Subandio perbaikan harus seperti membangun dari awal, tidak bisa hanya sekedar memoles keretakan dengan menambal saja. “Permintaan kami sebagai warga agar dibongkar total. Bangun dari awalah”, katanya. Ditambahkan, pihaknya mengerti sedikit tentang bangunan. Terkait proyek tersebut diduga adukan semennya berkisar 1:8. “Lebih mendekati adukan untuk membuat Batako yaitu 1:10”, ujarnya. Subandio juga memprediksi melihat struktur pekerjaan, diperkirakan lapangan bola tersebut yang terdiri dari pagar keliling, tribun utama dan tribun penonton tidak bertahan lama.

Ditemui dikantornya (18/1), pengawas teknis proyek dari Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka, Martin mengatakan sesuai RAB komposisi adukan semen 1:4. Ambruknya lantai tribun penonton karena penurunan timbunan tanah. Sementara mengenai beton lantai tribun yang dapat hancur saat diremas, dikatakan Martin karena tercampur air hujan. “Tercampur air”, katanya.

Untuk diketahui, proyek itu merupakan bantuan propinsi Babel (dana DABA) kepada Pemerintah Kabupaten Bangka cq Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga tahun 2018. Nilai proyek Rp 1,061 dengan kontraktor pelaksana CV Siti Fatimah. (Suhardi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY