Puluhan Tahun Warga Di Tiga Kecamatan Tak Miliki Jalan Umum

Puluhan Tahun Warga Di Tiga Kecamatan Tak Miliki Jalan Umum

109 views
0
SHARE

Kabarone.com, Kotabaru- Sosialisasi keselamatan jalan tambang di wilayah PKP2B PT. Arutmin tambang senakin, dengan titik lokasi sosialisasi di jalan Hauling Dusun Bariam Desa Sembilang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Selasa 8/1/19.

PT. Arutmin Senakin bersama mitranya PT. Thiess Senakin, CLS dan WM turun langsung ke lokasi untuk memberikan arahan kepada warga yang melintas di jalan tambang tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan tambang.

Semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat banyak yang kaget ketika melintas di jalan tambang karena di stop untuk di berikan arahan dan sosialisasi tentang pentingnya ke selamatan melintas di jalan tambang dengan memberikan selebaran brosur dan stiker.

Karena selama ini jalan penghubung antar Desa di Kecamatan Kelumpang Tengah, Kelumpang Utara dan Pamukan Selatan hanya menggunakan jalan tambang karena tidak memiliki jalan umum dan jalan tambang saat ini menjadi primadona bagi warga juga merupakan jalan satu- satunya jalan alternatif warga untuk menghubungkan dari satu Desa dengan Desa lainya.

Perwakilan PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin H. Muhammad Rusdi mengatakan, tujuan sosialisasi hari untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas di jalan tambang, karena jalan yang di lintasi warga selama ini adalah jalan tambang dan bukan jalan umum, ujarnya.

Tambah Rusdi, jalan tambang saat ini adalah jalan satu satunya yang menghubungkan beberapa Desa yang ada di tiga Kecamatan, Kelumpang Tengah, Kelumpang Utara dan Pamukan Selatan.

Harapannya dengan adanya sosialisasi hari ini agar masyarakat yang melintas di jalan tambang bisa berhati- hati dan sadar untuk menjaga keselamatan ketika melintas, tutupnya.

Sementara itu Hermansyah salah satu warga yang melintas mengatakan, ya bagus saja dengan adanya sosialisasi ini untuk keselamatan pengguna jalan.

Kami sadar selama ini selalu melintas di jalan tambang karena tidak ada jalan alternatif yang bisa di lewati selain jalan tambang ini, ujarnya.

Mudahan ke depanya jalan umum yang menghubungkan beberapa Desa yang ada di Kelumpang Tengah bisa di bina lagi oleh pemerintah maupun pihak perusahaan yang ada di sekitar.

Di kutip dari brosur yang di bagikan tertera, perusahaan mengingatkan masyarakat untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan jalan tambang. Dan pengertian jalan tambang adalah jalan khusus yang di peruntukan untuk kegiatan pertambangan dan berada di area pertambangan atau area proyek yang terdiri atas jalan penunjang dan jalan tambang. ( Kepmen ESDM No. 1827K/30/MEM/2018). (Hrp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY