Tambang Merawang Ini Dekat PAM, Pemukiman dan Catut Mitra PT Timah

Daerah, Regional682 views

Kabarone.com-Sebuah tambang timah yang terletak di Desa Merawang,Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka ini menambang tidak terlalu jauh dari sumber air baku Kolong Perusahaan Air Minum (PDAM) Tirta Bangka, sekitar 50-an meter. Tambang ini juga terletak didekat pemukiman warga, kurang lebih 40-an meter. Diareal tambang tidak terlihat adanya papan keterangan yang menandakan bahwa tambang tersebut resmi. Dilapangan juga terlihat 1 unit eskavator sedang mengeruk lubang tambang.

Pengurus tambang bernama Muhamad yang ditemui (26/1), mengatakan pemilik tambang adalah An warga Sungailiat. Terkait perijinan, Muhamad mengaku kurang tahu. Namun dikatakan mengikuti blok penambangan perusahaan tambang disebelahnya yang merupakan mitra PT Timah tbk. “Masih satu blok dengan tambang disebelah”, katanya. Masih menurut Muhamad, tambang tersebut belum lama beroperasi, kurang lebih satu minggu. “Baru seminggu ini beroperasi”, ujar Muhamad.

Sementara Aliong pemilik tambang timah dibawah naungan dari CV Timbus Jaya yang adalah mitra PT Timah tbk, mengatakan tambang sebelah milik An yang berdempetan tidak termasuk dalam blok penambangan sebagaimana tertera dalam Surat Ijin Menambang yang dikeluarkan PT Timah tbk.

“Tidak masuk dalam blok penambangan saya”, katanya. Menurut Aliong, ijin yang dia kantongi hanya berkisar seluas 2 hektar. Mengenai pemakaian eksavator yang berasal dari pihaknya oleh tambang milik An, dikatakan Aliong karena berdekatan pihaknya mengijinkan. “Kita ini tambang bertetangga. Sukar bagi kami untuk menolak ketika mereka ingin menggunakan eksavator bagi memperluas galian tambang”, ujar Aliong. Apalagi tambang tersebut telah lebih dulu ada dibanding tambang miliknya. “Mereka lebih dulu menambang dibandingkan kami”, kata Aliong. (Shd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *