Jalan Aspal Pantai Rebo Rusak Akibat Eksavator Kayu Bagan

Jalan Aspal Pantai Rebo Rusak Akibat Eksavator Kayu Bagan

95 views
0
SHARE

Kabarone.com, Baangka-Eksavator atau di Bangka lebih dikenal dengan sebutan pc adalah kendaraan/alat khusus beroda rantai untuk menggali. Karena kendaraan khusus, jalan yang dapat dilalui juga harus dibuat khusus, tidak sembarang lewat jalan umum. Hal ini karena roda rantai atau tapak besi eksavator dapat menyebabkan kerusakan jalan. Apa jadinya kalau jalan aspal yang dibangun dan dirancang hanya untuk dilewati kendaraan biasa seperti mobil dan motor, tiba-tiba coba dilalui alat berat beroda rantai besi tersebut?

Tapi kejadian itu ada dan nyata. Pelakunya operator alat yang nakal. Di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Jum’at (8/2) sebuah eksavator terlihat dengan santai dan berulang menarik kumpulan kayu untuk pembuatan bagan melewati jalan aspal menuju Pantai Rebo.

Akibatnya, Jalan aspal sepanjang ratusan meter hancur dan terkelupas. Padahal jalan tersebut ramai dilewati kendaraan menuju lokasi wisata Pantai Rebo. Sedangkan jalan itu dibangun beberapa tahun silam oleh Pemerintah Kabupaten Bangka menggunakan dana APBD.

Bernada membela, pemilik kayu bagan yang ditarik eksavator itu dan mengaku biasa dipanggil dengan nama Dodi dan katanya berasal dari Desa Jada, mengatakan kebiasaan memakai eksavator untuk menarik kayu bagan sudah dari tahun sebelumnya.

“Sudah biasa, tahun kemarin juga sama”, kata Dodi. Masih menurut Dodi, eksavator tersebut kepunyaan warga Desa Rebo asal Kalimantan yang bernama Apen. Pihaknya menyewa melalui orang lain.

Sementara operator eksavator bernama Solihin, mengatakan pengusaha bagan sudah biasa memakai eksavator untuk memindahkan kayu-kayu itu. Bahkan terang Dodi, bukan cuma satu eksavator yang dipakai malahan ada 3 unit.

“Yang diujung sana masih ada 2 unit”, katanya membela diri. Tim Kabarone.com kemudian menuju ujung pantai dan menemukan 2 unit eksavator yang disebutkan Solihin. Tapi tidak seperti eksavator tadi, kedua eksavator tersebut terlihat parkir. Dari bekas laluannya tidak melewati aspal, melainkan melalui jalan berpasir. (shd)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY