KKP RI dan Wakil Komisi IV DPR RI Salurkan Jutaan Benih Ikan...

KKP RI dan Wakil Komisi IV DPR RI Salurkan Jutaan Benih Ikan Untuk Kelompok Budidaya

160 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan-Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga memberikan 7.445.000 benih ikan untuk 19 kelompok budidaya ikan di Kabupaten Lamongan.

“Ini tadi yang disampaikan adalah 7.445.000 ekor yang terdiri dari benih Lele, Vaname, Nila dan benih ikan lain, termasuk kita juga berikan bantuan pakan sekitar 4 ton,” kata Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Slamet Soedjakto, dalam penyerahan bantuan di Desa Palangan, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Sabtu (30/3/2019).

Slamet mengatakan, selain bantuan berupa benih dan pakan ikan, pihaknya juga memberikan bantuan permodalan dengan total sebesar 7,1 miliar, kepada kelompok budidaya ikan di Lamongan.

“Juga bantuan kredit modal, yang sebenarnya di kabupaten Lamongan sudah tersalurkan 6,2 miliar dan hari ini kembali disalurkan sebesar 900 juta, jadi total di Lamongan itu 7,1 miliar dan juga ada sarana-prasarana eskavator satu buah,” tuturnya.

Berbagai bantuan yang diberikan kepada kelompok pembudidaya ikan tersebut, kata Slamet, merupakan upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk memaksimalkan potensi perikanan di Lamongan.

Sebab menurut Slamet, Kabupaten Lamongan memiliki potensi yang besar, khususnya untuk Bandeng dan Vaname.

“Di sini luar biasa, tinggal disentuh teknologi saja. Karena tadi saya hampir semua tambak yang kita lalui itu masih menggunakan sistem yang tradisional, kalau kita sentuh dengan teknologi, saya yakin ini produksinya akan naik,” ucapnya.

Slamet menambahkan, jika pengembangan potensi tersebut berjalan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan Lamomgan akan menjadi lumbung perikanan budidaya.

“Mangkannya saya mengharapkan oemerintah daerah terus bersama masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga menambahkan agar kelompok budidaya ikan menjaga lingkungan, terutama kebersihan air. “Karena air itulah yang kita gunakan untuk perikanan budidaya agar kualitasnya tetap bagus,” kata Viva Yoga, yang turut hadir dalam penyerahan bantuan benih ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di Lamongan. (Pul/ian/AS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY