Jelang Pemilu, Warga Temenggungan Nyoblos Ketua RT Desain Pemilu

Jelang Pemilu, Warga Temenggungan Nyoblos Ketua RT Desain Pemilu

61 views
0
SHARE

Kabarone.com,Lamongan – Jelang Pemilihan Umum pada tanggal 17 April 2019 mendatang warga di Lingkungan Temenggungan Kecamatan/Kabupaten Lamongan menggelar pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT), pada Selasa (09/4/2019). Proses pelaksanaannya pemilihannya Ketua/pengurus RT kali ini, di desain layaknya Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

Proses dalam pelaksanaan pemilihan ini, penitia juga menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lengkap dengan kotak suara, kartu suara seperti layaknya pemilu. Ada 3 kandidat yang akan dipilih oleh warga di lingkungan RT 3/RW 8 kali itu. Yakni H Mochamad Kamim nomor urut 1, H Suhartono dengan nomor urut 2, dan H Aan Yunianto nomor urut 3.

Dalam pemilihan tersebut dilakukan persis seperti layaknya pemungutan suara dalam pemilihan umum, untuk menentukan satu pemenang dari tiga kandidat calon Ketua RT. Sedangkan jumlah pemilih yang ditetapkan, yakni sebanyak 80 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan penduduk setempat”, ujar Bambang Purnomo, panitia pemilihan Ketua RT.

Lebih lanjut kata Bambang, ” Warga yang datang untuk menyalurkan hak suaranya langsung mendaftarkan diri diterima oleh petugas TPS sesuai bagiannya. Kemudian warga diberikan kertas suara bergambar tiga calon kandidat. Proses pemungutan suara dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB dan ditutup pukul 21.00 WIB.

Dalam pelaksanaan selesainya pemungutan suara, petugas TPS pun menghitung jumlah pemilih yang hadir yakni sebanyak 45 pemilih. Dan setelah dilakukan penghitungan, dengan suara terbanyak ditetapkan pemenangnya yakni kandidat nomor satu, H Mochamad Kamim dengan raihan suara sebanyak 26 suara. Sementara calon nomor urut dua, H Suhartono mendapatkan 8 suara dan calon nomor tiga, H Aan Yunianto mendapatkan suara terendah yakni 6 suara.

Bambang Purnomo menambahkan, jika pemilihan ini sengaja di desain seperti halnya pemilihan umum dengan tujuan sebagai pemanasan warga dalam pemilu 17 April mendatang. “Saya mengapresiasi kepada warga dengan sangat antusias dalam pemilihan Ketua RT ini. Pemilihan sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan kepada warganya agar ikut berperan aktif dalam menentukan kemajuan lingkungan, tak lepas juga Bambang mengingatkan serta menegaskan, agar pada 17 April nanti warga diharapkan hadir ke TPS untuk menyalurkan suaranya dalam memilih presiden dan wakil presiden juga anggota Legislatif dalam menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan jangan sampai ada yang Golput,” tandas Bambang (Pul/Ian/As).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY