PERAN GENERASI MUDA DALAM PERUBAHAN GAYA HIDUP MELALUI HALAL LIFESTYLE

PERAN GENERASI MUDA DALAM PERUBAHAN GAYA HIDUP MELALUI HALAL LIFESTYLE

67 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Berbicara soal gaya hidup pasti yang teringat dalam benak kita adalah kemewahan, keindahan, dan kepuasaan yang kita miliki dalam kehidupan kita. Mengapa demikian? Karena jika kita pikirkan apa yang dimaksud dengan gaya hidup adalah gaya yang berarti cara kita mengekspresikan kesenangan kita terhadap sesuatu dalam kehidupan kita . Dari gaya hiduplah yang paling pertama penjadi faktor pengaruhnya yaitu Teknologi.

Seiring dengan perkembangan zaman yang terus mengalami peningkatan setiap tahun,bulan, bahkan hari Membuat berkembang pesatnya teknologi baik transportasi hingga komunikasi. Disamping itu hal lain yang terkait dengan peningkatan teknologi adalah dalam bidang ekonomi,politik,sosial budaya, hingga pemikiran setiap individu yang mengalami perubahan tanpa kita sadari terjadi dalam diri kita masing-masing.

Mengapa sebegitu berpengaruhnya teknologi dalam kehidupan kita? Jika kita telaah secara mendalam teknologi begitu berpengaruh karena setiap kegitan manusia yang dilakukan setiap harinya tidak terlepas dengan teknologi bahkan dapat dikatakan teknologi adalah sesuatu yang menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia.

Setiap orang memang memiliki kebebasan untuk mempertahankan hidupnya dengan caranya masing-masing. Tetapi, kita tahu bahwa Setiap hal pasti tidak terlepas dari sisi positif dan negatif. Dalam Sisi positif perkembangan teknologi adalah mudahnya cara kita untuk mendapatkan segala macam informasi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, meminimaliris penggunaan waktu, dan yang membuat setiap manusia menggunkan teknologi karena kita dapat mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dengan cara yang begitu mudah. Tetapi, disamping itu kita sebagai pengguna teknologi pun harus tahu sisi negatif dari penggunaan teknologi terutama dalam gaya hidup atau sering disebut dengan “ Lifestyle”

Dampak negatif dari lifestyle yang terjadi dikalangan remaja adalah fashion. Mengapa demikian? Karena pada usia remaja fashion yang digunakan sesuai dengan perkembangan zaman yang sedang trend yang sedang populer di media sosial hingga akhirnya tumbuh sifat boros. Selain itu dalam bidang kuliner para remaja lebih sukan makan direstoran-restoran asing yang tumbuh diindonesia karena mengikuti trend. Hingga akhirnya mempengaruhi perekonomian indonesia menjadi lebih buruk akibat dari kulturasi buda indonesia yang semakin terkikis.

Salah satu cara untuk merubah gaya hidup yang baik adalah dengan cara menerapkan “ Halal Lifestyle ”dalam kehidupan kita. Apa yang dimaksud halal lifestyle? Halal lifestyle artinya “gaya hidup halal”. Maksud dari gaya hidup halal disini adalah cara kita mengekspresikan apapun dalam kehidupan kita sesuai dengan agama. Saat ini tengah terjadi trend global di belahan dunia yang sedang menerapkan sistem halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. Ada fenomena menarik, ternyata yang berupaya menerapkan halal lifestyle tidak hanya dari kalangan negara muslim tetapi kalangan negara non muslim pun mulai menerapkan halal lifestyle.

Lantas apa gagasan setiap manusia menerapkan halal lifestyle? Sederhana saja, karena setiap sesuatu yang halal sudah pasti baik, bersih, higienis, dan sehat tentunya. Dan bila kita mengkonsumsi sesuatu yang halal dapat dipastikan akan berakibat baik dalam kehidupan kita.

Lalu cara apa yang dapat kita lakukan untuk menerapkan gaya hidup yang halal? Salah satu cara sederhananya adalah bergaul dengan orang-orang yang baik dan mengerti agama. Karena, pada usia yang remaja lebih mudah terpengaruh dengan pergaulan sekitar. Bila kita salah bergaul banyak dampa negatif yang secara tidak langsung tumbuh dalam diri kita begitupun sebaliknya.

Selain itu kita juga harus pandai-pandai dalam menggunakan media sosial karena tidak semua media sosial dapat kita ikuti terlebih lagi perkembangan internet yang semakin pesat semakin mudah pula kulturasi budaya luar yang masuk ke dalam negeri. Sebagai generasi muda kita harus dapat membedakan sesuatu yang baik dan yang tidak baik dalam kehidupan saat ini hingga di masa yang akan mendatang.

Penulis : Ade Nurseha

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY