MUSIK TONGKLEK JOKO MBEDOHO RAMAIKAN TRADISI GEBYAR KETUPAT DI LAMONGAN

MUSIK TONGKLEK JOKO MBEDOHO RAMAIKAN TRADISI GEBYAR KETUPAT DI LAMONGAN

84 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan- Gebyar Ketupat merupakan tradisi turun temurun di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kegiatan tersebut menjadi ajang tahunan yang difungsikan sebagai pesta rakyat, dilaksanakan 8 Hari Raya Idul Fitri.
Seperti halnya yang dilaksanakan di Wisata Bahari Lamongan (WBL) Kecamatan Paciran, pada kamis (13/06/2019). Selain masyarakat menyediakan menu ketupat lengkap dengan sayurnya, disajikan juga ketupat oleh masing-masing perwakilan desa. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh musik kesenian tongklek yang bernama Group Tongklek Joko Mbedoho.
Group Musik Tradisional ini memang sering tampil untuk memeriahkan berbagai acara penting tingkat kabupaten dan desa, seperti halnya hari jadi Kabupaten Lamongan, acara agustusan dan festival yang lain.
Dikatakan Anas Mahfudhi, Pembina Group Tongklek Joko Mbedoho, bahwa Group Tongklek Joko Mbedoho merupakan seni musik tradisional yang dikembangkan oleh pemuda Desa Kemantren untuk turut serta melestarikan budaya kesenian daerah, tampil di berbagai acara menjadi salah satu cara untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat agar lebih mencintai musik yang memiliki nilai culture.
Kegiatan Gebyar ketupat ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat, dimana telah berhasil melaksanakan ibabah puasa di bulan ramadhan 1440 H dan puasa sunnah syawal. Selain itu tradisi Gebyar Ketupat ini sangat baik dan mampu meningkatkan silaturahmi serta menjada kerukunan antar masyarakat yang terdiri dari beberapa desa, “Ucap Fadheli Purwanto Kepala Kecamatan Paciran Lamongan, Kamis (13/06/2019).
Di sisi lain kegiatan ini sangat bagus untuk menjalin kerukunan dan ketentraman. Karena masyarakarat turut ambil bagian mulai dari usia anak, pelajar, hingga dewasa,” terangnya.
Gebyar ketupat merupakan tradisi turun temurun dan ini perluh dipelihara untuk meningkatkan pariwisata Kabupaten Lamongan. Oleh sebab itu Kecamatan bekerjasama dengan Pemkab akan lebih memperhatikan serta mensuport bahkan akan dilakukan pembinaan agar semua ini dapat menjadi lebih baik kedepannya,” Pungkasnya. ( MK. Fatih)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY