by

Unnes Kukuhkan Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto Sebagai Guru Besar

-Ragam-411 views

Kabarone.com, SEMARANG-Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengukuhkan Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, sebagai guru besar bidang Administrasi Publik. di Auditorium Prof Wuryanto Unnes, Sekaran Gunungpati Swmarng, Rabu (24/7).

Dikukuhkannya Agus hermanto dalam bidang Administrasi Publik setelah memaparkan makalah tentang “Manajemen kebijakan pengembangan energi panas bumi di Indonesia.”

Agus menyatakan penggunaan energi di Tanah Air masih didominasi menggunakan energi berbahan fosil. “Sementara energi fosil pasti akan habis. Saat ini saja, kita impor energi yang habiskan jutaan dolar. mau tidak mau ke depan kita harus menggunakan energi bukan fosil,” ungkap Agus.

Menurut politikus Demokrat ini, panas bumi merupakan salah satu alternatif pemanfaatan energi nonfosil. Bahkan, Indonesia bisa menghasilkan 29 ribu megawatt listrik dari panas bumi. Selain itu, Indonesia mempunyai kemampuan 29 ribu megawatt. Jumlah ini sangat tinggi, namun baru termanfaatkan sebesar 8 persen.

“Tahun 2025 pemanfaatan geothermal diharapkan mencapai 23 persen dan dibutuhkan kesungguhan kita agar tercapai itu. Tergantung kita apabila geothermal menjadi primadona, maka kita harus memberikan penguatan dan keberpihakan,” terang Agus.

Pemanfaatan panas bumi, menurutnya tidak mungkin merusak lingkungan. Bahkan, dia menilai energi panas bumi bisa berdampak positif bagi sektor pertanian nasional. “Uapnya bisa untuk listrik, perikanan, pertanian, terapi dan mendatangkan turis. Kita ini di ring of fire. Di Jawa dan Sumatera sangat tinggi geothermal,” lanjut Agus.

Rektor Unnes Fathur Rokhman menyebutkan, Agus Hermanto sudah lama mengajar di Unnes. Karenanya muncul ide untuk mengusulkan menjadi profesor tidak tetap. Proses pun berjalan termasuk mengerahkan tim agar persyaratan terpenuhi. “Artikel berreputasi internasional beliau punya lebih dari dua. rekomendasi profesor sebidang di beberapa perguruan tinggi ada. Kemudian disidangkan di senat Unnes,” pungkasnya.

Sementara, rekan sekerja Agus, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kepada Agus berpesan dengan dedikasi ke dunia pendidikan, maka Agus sudah memiliki tujuan setelah purna dari tugas di DPR RI. “Sebagai sahabat saya ucapkan selamat. Ini penghargaan tertinggi dunia akademik. Begitu selesai tuntaskan darma bakti di DPR bisa mengabdi di bidang pendidikan,” ucapnya.

Hadir pada acara pengukuhan tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo; Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi, Mohammad Nasir; serta sejumlah Pimpinan Lembaga Negara serta Anggota DPR RI lainnya.(Amr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *