KPU Lamongan: Ke-50 Anggota DPRD Lamongan Pekan Depan Dilantik

Daerah, Regional605 views

Kabarone.com,Lamongan – Hasil Pemilu 2019 lalu akan dilantik pada pekan depan, mengingat tahapan penetapan sudah dilakukan. Ke- 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan. “Karena kita sudah selesai melaksanankan tahapan penetapan anggota dewan hasil Pemilu 2019 lalu, maka selanjutnya adalah pelantikan yang rencananya digelar pada tanggal 24 Agustus mendatang, Selasa (13/8) siang”,ungkap Mahrus Ali, Ketua KPU Lamongan.

Kita ketahui bersama, setelah Surat KPU RI Turun, KPU Lamongan Langsung Gelar Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Jadi di DPRD. Surat KPU RI tersebut bernomer: 1027/ PL.01.9-SD/03/KPU/VII/2019 tertanggal 17 Juli 2019. Dilain pihak, lanjut Mahrus Ali, terkait tempat pihak KPU Lamongan akan melakukan kordinasi dengan pihak Sekwan. “Sedangkan tehnis tahapan dipelantikan sudah menjadi kewenangan sekwan dan gubernur” terangnya.

Dari hasil penetapan yang telah dilakukan sebelumnya, PKB mendapat 10 kursi, Dermokrat 9, PDIP 8, PAN 7, Golkar 6, Gerinda 4, PPP 3 Hanura 1, Nasdem 1, dan Perindo 1. Pada Bulan Mei lalu, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lamongan menyiapkan Abdul Ghofur sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Lamongan. Persiapan tersebut berdasar atas hasil perolehan suara PKB dalam Pemilu yang digelar April lalu.

“Menurut data KPU Lamongan, sebanyak 162.452 suara itu diperoleh dari Dapil 1 sebanyak 34.531 suara, dari Dapil II sebanyak 38.140 suara, dari Dapil II sebanyak 30.705 suara, dari Dapil IV sebanyak 31.826, dan dari Dapil V sebanyak 27.250 suara” ujarnya.

“ Lebih lanjut, nama yang kita siapkan untuk menduduki Ketua DPRD Lamongan adalah Abdul Ghofur yang merupakan Ketua DPC PKB Lamongan” kata Wakil Ketua DPC PKB Lamongan, Saefuddin Zuhri. Menurutnya, nama adalah Abdul Ghofur terlebih dahulu akan diusulkan ke DPP PKB untuk mendapat rekomendasi sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lamongan.

“Jadi prosedurnya adalah diusulkan ke DPP kemudian DPP menurunkan rekomendasi” ungkap Zuhri, panggilan Saefuddin Zuhri. Ia juga memaparkan dalam Pemilu 2019 yang digelar di Bulan April kemarin, PKB menjadi pemenang dengan secara keseluruhan mendapat perolehan suara sebanyak 162.452 suara”, pungkasnya (Pul/As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *