Sosialisasi Gugatan Sederhana dan Pendaftaran Perkara Melalui E-COURT Digelar di PN Lamongan

Sosialisasi Gugatan Sederhana dan Pendaftaran Perkara Melalui E-COURT Digelar di PN Lamongan

89 views
0
SHARE

LAMONGAN,kabarone.com – Sosialisasi Gugatan Sederhana dan pendaftaran Perkara Melalui E-COURT yang digelar pada, kamis,(31/10), dan bertempat di Kantor Pengadilan Negeri Jl. Veteran No. 18 Kabupaten Lamongan, dengan di ikuti oleh sekitar 50 orang peserta. ” Pernyataan Pembukaan Sosialisasi Gugatan Sederhana Pendaftaran E-Court bagi pengguna lain oleh Muhammad Sainal, S.H., M.Hum Ketua Pengadilan Negeri Lamongan.

” Muhammad Sainal, S.H., M.Hum Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lamongan dalam sambutannya menyampaikan, ” Puji syukur atas limpahan rahmadnya kita bisa hadir dalam rangka sosialisasi gugatan sederhana dan pendaftaran E-Court bagi pengguna lain.

Gugatan sederhana berbeda pada gugatan lainnya, yang di atur oleh (Perma No.4 tahun 2019 tentang perubahan perma nomor 2 tahun 2015 tentang tata cara penyelesaian gugatan sederhana), pendaftaran e-Court bagi pengguna lain di atur dalam (Perma nomor 1 tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan secara elektronik).

Tentang administrasi pengadilan hal ini dilakukan untuk memenuhi asas peradilan secara cepat dan biaya ringan dengan adanya sistem perangkat E-Court yang disediakan untuk mengatur masyarakat dalam proses pendaftaran perkara di pengadilan.

Awalnya pendaftaran E-Court pengguna lainnya hanya dilakukan oleh Jaksa, tetapi sekarang udah dapat digunakan oleh pengguna lain hukum pemerintah, TNI, Polri, Kejaksaan, di seluruh wilayah Republik Indonesia, oleh karyawan Pengadilan yang ditunjuk oleh badan hukum pada sistem peradilan.

Bagi yang akan mendaftarkan perkara tidak perlu datang ke pengadilan bisa menggunakan Online dengan akun di manapun berada, dan pembayarannya pun dilakukan juga dengan Online, Serta pemanggilan sudah dilakukan dengan saluran elektronik.

Berdasarkan UU nomor 1 tahun 2019 artinya sistem elektronik tidak hanya melakukan pendaftaran, pembayaran pajak dan penagihan para pihak tetapi juga dalam pertukaran dokumen, pembuktian dan penyampaian keputusan secara elektronik.

Prasarana serta sumber daya manusia yang handal agar mampu menjalankan sistem ini secara maksimal, di Lamongan untuk sistem ini bisa berjalan dengan baik dan benar.

Pengadilan Negeri Lamongan terus menerus melakukan perbaikan perbaikan baik sarana prasarana dalam bentuk pelayanan berbasis ID sebagaimana telah disebutkan di atas tapi juga secara fisik ruangan atau pun pelayanan publik.

Indonesia selalu berusaha dan terus-menerus berupaya memberikan pelayanan yang beriman dan berkeadilan kepada pencari keadilan yang dimaksudkan untuk menjawab tantangan ke depan sekaligus pengadilan yang dianggap kurang terbuka atau tidak transparan dan akuntabel”, ujar Kepala Pengadilan Negeri Lamongan.

Hal senada, Sosialisasi Gugatan Sederhana juga disampaikan oleh Agus Wahyudi, SH selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lamongan. ” Apa itu Gugatan sederhana ? Gugatan perdata dengan nilai kerugian materiil paling banyak Rp. 500.000.000,-

Tata cara dan pembuktiannya sederhana, perkara cidera janji (Wanprestasi) dan atau perbuatan melawan hukum, tidak dapat diselesaikan melalui gugatan sederhana perkara penyelesaian sengketa dilakukan melalui pengadilan, khusus perkara yang berkaitan dengan sengketa atas tanah.


Siapa yang bisa mengajukan gugatan sederhana? Yaitu seluruh subjek hukum orang perseorangan atau badan hukum dapat mengajukan gugatan sederhana pihak yang mengajukan gugatan sederhana tidak lebih dari 1 kecuali memiliki kepentingan hukum yang sama istilah bagi orang yang suka gugatan adalah penggugat.

Dalam hal apa perkara dapat diselesaikan melalui gugatan sederhana? Kriteria para pihak :

1) Masing-masing penggugat dan tergugat merupakan badan hukum bisa lebih dari 1 apabila memiliki kepentingan hukum yang sama.

2) Penggugat dan tergugat berdomisili di wilayah hukum Pengadilan yang sama.

3) Dalam hal penggugat di luar wilayah hukum dapat menunjuk kuasa insidentil wakil di wilayah hukum tergugat.

4) Penggugat wajib menghadiri secara langsung.

” Saran panjar biaya perkara ditetapkan oleh ketua pengadilan negeri setempat, panjar biaya tersebut dibayar oleh penggugat sedangkan biaya perkara dibebankan kepada pihak yang kalah sesuai dengan Amar putusan.

Sita jaminan, dalam proses pemeriksaan Hakim dapat memerintahkan peletakan sita jaminan terhadap benda milik tergugat dan penggugat yang ada dalam penguasaan tergugat.

Pelaksanaan putusan yang sudah BHT pada Prinsipnya keputusan dilaksanakan secara sukarela dan bagaimana jika tidak dilaksanakan secara sukarela.

Jangka waktu persidangan perkara gugatan sederhana hanya 25 hari selama dalam persidangan.

Sistem administrasi dan persidangan secara elektronik Perma 1 tahun 2019, setelah mendaftar mempunyai akun bisa melakukan pembayaran melalui beberapa Bank yang telah di tunjuk setelah itu bisa mengikuti petunjuk selanjutnya”ujarnya.

Ditambahkan, Sosialisasi Pendaftaran E-Court Bagi Pengguna Lain oleh Agus Wahyudi, SH. ” Pada pendaftaran ada aplikasi khusus untuk mengecek keaslian dokumen untuk antisipasi supaya tidak terjadi pemalsuan.

Mahkamah Agung telah membuat terobosan-terobosan untuk melayani para pencari keadilan dititik beratkan pada perkara – perkara Perdata.

Penggunaan pendaftaran E-Court bagi pengguna lain digunakan oleh semua pihak bagi para penggugat/tergugat, Jaksa, pengacara, maupun lainya.

Para pencari pengadilan pada awalnya harus datang ke kantor pengadilan setelah mendaftar dan mempunyai akun yaitu dengan membawa (KTP, alamat email, nomor HP dan No Rekening untuk melakukan transaksi), setelah memilih akan bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan akun bisa dimana saja mendaftar tanpa harus datang ke kantor pengadilan negeri serta proses selanjutnya menggunakan sistim elektronik”, terang Agus.

Pada Sesi tanya jawab, pertanyaan Diah Yuliastuti, S.H., M.H.Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan, bagaimana seandainya ada surat-surat yang dipalsukan ?

Jawaban : Salah satu tahapan kita akan melakukan verifikasi terhadap bukti yang diunggah, ketika di persidangan masing-masing penggugat/tergugat wajib membawa bukti gugatan asli ataupun tidak.

Pertanyaan Bambang dari BPR : kalau sudah putusan dan tidak ada yang keberatan tapi belum di bayar sepenuhnya upaya apa yang harus kita lakukan ?

Jawaban : Apabila kekurangan dalam pembayaran E-Court kita tegur berapa kurangnya, dan apabila tidak diindahkan bisa minta dieksekusi, atau menggunakan sita dari aset kekurangan yang belum dibayar.

Kegiatan acara yang dihadiri oleh Diah Yuliastuti, S.H., M.H. Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan, Muhammad Zainal, S.H., M.Hum. Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, Lettu. Inf. Sutrisno Pasi Log Kodim 0812/Lamongan, Agus Wahyudi, SH Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, Irfan Mangalle, SH Kasi Datun Kejari Lamongan, Para Hakim dan Karyawan Pengadilan Negeri Lamongan.Selain itu, M. Maimun Staf Bank BRI Lamongan, Dwi Sulistyarini Staf Bank Mandiri Lamongan, A. Salahudin Staf Bank Jatim Lamongan, Misbakul Munir Staf BPR Madina Lamongan, Mifta Staf BPN Lamongan, Nurul Huda Staf Bank Nusamba.

” Bahwa kegiatan Sosialisasi Gugatan Sederhana dan pendaftaran Perkara Melalui E-Court bertujuan untuk mempermudah dalam penyelesaian dan pendaftaran perkara dengan menggunakan sistim elektronik Online”, pungkasnya, (Pul/As).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY