Hari Ke- 10 Operasi Zebra Semeru, Sebanyak 340 Pengendara Ditilang

Hukum479 views

LAMONGAN,kabarone.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lamongan telah menindak ribuan pelanggar lalu lintas dengan beragam pelanggaran. Selama pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 yang digelar mulai tanggal 23 Oktober hingga 05 November 2019 besok lusa.

Sementara, ratusan pengendara kena tilang dan tengah menjalani sidang ditempat. Seperti terlihat di jalur Pantura, Jum’at (01/11) hari ini, tepatnya di terminal ASDP Paciran Lamongan. ” Sebanyak 340 pengendara ditilang saat pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 di jalur Pantura Lamongan, 274 diantaranya menjalani sidang ditempat.

Ditegaskan, ” Ratusan pengendara yang ditilang langsung dilakukan sidang ditempat, dengan rincian 274 pelanggar langsung sidang ditempat sedangkan sisanya menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Lamongan tanggal 14 November 2019″, terang Kasat Lantas Polres Lamongan AKP. Danu Anindhito Kuncoro.

” Untuk pengendara roda dua, kebanyakan dari pengendara tidak dilengkapi dengan keabsahan surat-surat serta tidak memakai helm saat berkendara dijalan. Para pelanggar lalu lintas di jalur pantura Lamongan tersebut yang masih mendominasi. Diantaranya, keabsahan surat-surat sebanyak 86 Pelanggar, sedangkan tidak menggunakan helm SNI ada 65 pelanggar.

Sedangkan, untuk pengendara dibawah umur, kata Kasat Lantas Polres Lamongan AKP. Danu Anindhito Kuncoro P., S.I.K yang mantan Kasat Lantas Polres Bangkalan itu, masuk diurutan ketiga dari hasil operasi zebra di jalan Daendels pantura Lamongan, yakni sebanyak 67 pelanggar ditilang petugas.

Selain itu juga, telah berhasil melakukan tindakan tegas pada pengendara roda empat yang melanggar lalu lintas dari 8 sasaran penindakan operasi zebra Semeru 2019. Untuk target sasaran kendaraanya, meliputi roda dua, mobil pribadi dan truk.

Kami melakukan operasi di waktu pagi, siang, maupun sore hari,” Sebanyak 26 pelanggar karena melebihi muatan, sedangkan 31 pengendara ditilang karena safty belt (sabuk pengaman)”, AKP. Danu Anindhito Kuncoro dengan tegas.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengimbau, kepada para pengendara baik roda dua maupun roda empat, agar perhatikan kelengkapan saat berlalu lintas. ” Untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat berkendara, sebaiknya memakai helm dan memakai sabuk pengaman, dan jangan lupa lengkapi dengan surat-surat kelengkapan berkendara”, ujar Kasat Lantas Polres Lamongan AKP. Danu Anindhito Kuncoro P., S.I.K berikan himbauan.

Operasi zebra Semeru 2019 hari ini digelar, tepatnya di terminal ASDP Paciran Lamongan tersebut dengan dibantu oleh petugas gabungan baik dari dari unsur TNI, Dispenda dan juga Dishub Lamongan, (pul/As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *