Tabligh Akbar Polres Lamongan: Bhineka Tunggal Ika Bukan Hanya Semboyan, Tapi Juga Sebagai Nafas Hidup

Regional450 views

LAMONGAN, kabarone.com – Untuk memperkokoh kamtibmas, Polres Lamongan menggelar Tabligh Akbar dan do’a bersama di gedung Sport Center Lamongan (SCL), Senin malam, (04/11). ” Hal ini dalam rangka dan bertepatan dengan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) “Maulid Nabi Muhammad S.A.W.”

Masyarakat Lamongan antusias sekali, terbukti, adanya lautan manusia dari berbagai lapisan. Tidak ketinggalan pula organisasi masyarakat (Ormas) maupun tokoh agama dan tokoh masyarakat membanjiri gedung Sport Center Lamongan. Tabligh Akbar yang diinisiasi oleh Polisi Resort (Polres) Lamongan ini mendatangkan KH. A. Muwafiq sebagai pemberi fatwa agama islam.” Uacapan terima kasih kepada semua pihak atas kebersamaannya menjaga persatuan di Kabupaten Lamongan selama ini. Lebih-lebih, hal itu bisa tercapai atas peran serta pihak pemerintah daerah (Pemda) Lamongan, khususnya Bupati Lamongan Fadeli selaku kepala daerah, yang selalu memberikan motivasi serta dorongan denngan ide-ide kreatifnya terhadap situasi dan kondisi yang berkembang di Lamongan, hingga membuat institusi Polri khususnya Polres Lamongan bisa meminimalisir terjadinya situasi yang tidak kondusif di tahun politik.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada jajaran Forkopimda Lamongan, Dandim, Camat dan segenap pimpinan organisasi islam, tokoh agama, para kyai yang selama ini sudah menjaga soliditas hingga keamanan dan ketertiban masyarakat bisa kondusif, terlebih disaat-saat tahun politik yang sudah lewat,” terang Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung, S.I.K.,MH.

Selain itu, menjadi orang nomor satu di wilayah hukum Polres Lamongan ini, meminta kepada semua lapisan masyarakat yang hadir untuk tetap menjaga persatuan. Apalagi, mendekati pesta demokrasi (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lamongan. Karena perbedaan itu pasti ada, namun setidaknya kita harus bisa terhindar dari berbagai macam konflik di masyarakat.“ Dengan demikian, kemajemukan dan perbedaan harus kita jadikan untuk bersatu membangun bangsa khususnya Kabupaten Lamongan. ” Kapolres juga meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk menjadikan Bhineka Tunggal Ika bukan hanya sebagai semboyan, namun juga sebagai nafas hidup”, pinta Kapolres dalam malam Tabligh Akbar di gedung Sport Center Lamongan.

Sementara Bupati Lamongan Fadeli, hal yang sama diungkapkan, ” Dihadapan khalayak yang hadir, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama menjaga Lamongan tetap nyaman, aman dan kondusif paska diselenggarakan pesta demokrasi secara beruntun. “Kami berharap kedepan silaturahmi harus terus terjalin dengan baik.

Fadeli menjelaskan, “ Mari kita tata SDM dengan baik. Hal itulah menjadi perhatian kita bersama. Salah satu kuncinya adalah kebersamaan dan kekompakan masyarakat kabupaten Lamongan. Perihal sumber daya alam (SDA) termasuk salah satu faktor untuk menuju Lamongan semakin maju, hal itu harus diiringi pula dengan sumber daya manusia (SDM),” ungkap Fadeli dengan penuh harapan.

Lebih lanjut pada giliran fatwa ceramah agama yang disampaikan oleh Gus Muwafiq yang sebutan familiernya dari K.H A. Muwafiq. ” Dalam ceramahnya di sampaikan, kepada semua yang hadir malam di acara Tabligh Akbar, ” Bahwa islam adalah agama masa depan. Dalam perkembangan zaman seperti sekarang ini, dia meminta semua umat untuk tetap menjalin kebersamaan meski dalam perbedaan. ” Menurut beliau, pesan kebangsaan itu sudah ada dan tercatat di dalam Al Quran. Apalagi, di Kabupaten Lamongan merupakan kota religi.

“Kita itu berbangsa dan bersuku-suku. Yang jelas ada perbedaan. Akan tetapi, ditempat inilah kita bersatu. Contohnya, meski orang korea tidak disini tapi samsung (HP) ada di sini, kemudian bordiran baju pak Kapolres, itu mesinnya yang membuat amerika serikat. Intinya, dari perbedaan yang ada jika bersatu kita akan damai, mari kita berdo’a bersama,” pungkasnya,(Pul/As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *