HIPPA Award 2019, Meningkatkan mutu Petani Melalui Sistem Irigasi Berbasis partisipasi dan...

HIPPA Award 2019, Meningkatkan mutu Petani Melalui Sistem Irigasi Berbasis partisipasi dan Kompetensi.

284 views
0
SHARE

Lamongan, kabarone.com – Dalam rangka mewujudkan sistem irigasi berbasis partisipasi dan kompetitif pemerintah kabupaten lamongan bersama ELSAP Lamongan mengadakan pembinaan dan evaluasi HIPPA Award 2019.

Bertempat di aula BLK dinas sosial, Lamongan, kamis ( 19/12/2019) di ikuti oleh 5 nominator kelompok HIPPA terbaik Yaitu kelompok Hippa Madu rekno desa madulegi, kecamatan sukodadi ; kelompok Hippa Harapan makmur desa gumantuk kecamatan maduran ; kelompok Hippa Wahana karya kawistolegi, kecamatan karanggeneng ; kelompok Hippa Tirto mulyo, desa latek kecamatan sekaran ;
Kelompok Hippa Sumber makmur, desa sumberaji kecamatan sukodadi.

Ketua ELSAP, yang selaku juga ketua panitia Mubin slim mengatakan dari 55 lembaga kelompok HIPPA yang terverifikasi tersaring, dipilih 10 terbaik dan di saring lagi 5 besar nominator terbaik untuk mengikuti HIPPA Award ini dari total 408 Kelompok sekabupaten Lamongan tersebut.

” Untuk nominator di 2019 kali ini penilaian panitia cukup rumit karena selisih nilai nya tidak banyak, Kelompok HIPPA terbaik di HIPPA Award 2019 ini akan mendapat bantuan stimulasi untuk irigasi, pompa air dan suntikkan kas bagi kelompok hippa. Kegiatan ini setiap tahun diadakan Oleh ELSAP sebagai bentuk apresiasi kepada kelompok HIPPA di Lamongan ” ujar mubin.

Banyak kabupaten lain se jawa timur yang belajar Manajement pertanian dan irigasi yang baik untuk kelompok HIPPA di Lamongan, inovasi ini bisa dibilang satu satu nya inovasi bagi pertanian yang ada di indonesia, harapan nya dari program ini bisa menciptakan para petani lamongan yang keren dan lamongan menjadi salah satu lumbung padi di jawa timur, meskipun sekarang masih peringkat ke 2 setelah jember, kita selalu melakukan pembinaan dengan turun di lapangan berdiskusi langsung dengan petani, terang mubin.

Dalam rangka mewujudkan sistem irigasi berbasis partisipasi dan kompetitif ini, perlu ada nya peningkatan Sumber Daya Manusia Petani melalui kelompok HIPPA di Lamongan yang mana harus berjalan beriringan dengan peningkatan Pengelolaan manajement dan system irigasi yang baik dan terprogram oleh semua kelompok tani khusus nya yang ada di Kabupaten Lamongan agar mutu dan hasil panen para petani baik pada setiap kali musim panen, Negara kuat petani makmur. (F2/AS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY