ORI Jatim, Sekolah Yang Rusak Di Lamongan Harus Segera Ditangani

ORI Jatim, Sekolah Yang Rusak Di Lamongan Harus Segera Ditangani

215 views
0
SHARE

LAMONGAN,kabarone.com – Persoalan bangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri Lopang III dan TK/Paud Darma Wanita III yang rusak dan sangat memprihatinkan. Menjadikan perhatian pihak Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Jawa Timur. Ia menyatakan, agar secepatnya ditangani untuk diperbaiki.

Dikatakan, persoalan bangunan sekolah yang rusak ini harus segera ditangani, jangan dibiarkan berlarut-larut. ” Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lamongan harus segera mengecek bangunan tersebut terkait dengan kelayakannya,” ungkap Koordinator Riksa Bidang Pendidikan, Asisten Ombudsman RI Provinsi Jatim, Vice Admira Firnaherera.

” Jika memang sudah tidak layak, apalagi kondisi saat ini hujan dan angin, maka murid dan guru kalau bisa segera direlokasi ke tempat yang layak dan aman serta tidak jauh dari sekolah. Jumat (06/12/2019).

Untuk saat ini, pihak ORI Jatim belum memungkinkan untuk survey ke lokasi, harapan kami seperti tadi, karena PU punya kompetensi terkait dengan kondisi bangunan. Namun, Pemerintah daerah, terang dia, sesegera mungkin memperbaiki bangunan SDN Lopang III tersebut, agar layak dan aman ditempati untuk proses belajar dan mengajar murid dan guru,” terang Asisten ORI Jatim, Vice Admira Firnaherera .

” Pada kejadian ini Arifin selaku Camat Kecamatan Kembangbahu menyampaikan, pihaknya bersama kades dan Dinas Pendidikan akan membahas alokasi dana untuk perbaikan sekolah itu, untuk yang bangunan TK/Paud akan diambilkan dari Dana Desa (DD), sedangkan yang bangunan SD akan diajukan melalui PAK.

Bangunan sekolah yang sudah rusak itu, dulunya adalah rumah dinas tukang kebun, yang sekarang ditempati untuk proses belajar anak TK/Paud Darma Wanita Lopang III. Alhamdulilah sudah diukur oleh pihak Disdik Lamongan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bangunan tersebut nantinya akan dirobohkan, dan akan diganti dengan bangunan sekolah yang baru, yang lebih layak untuk ditempati, sehingga anak-anak TK/Paud juga merasa nyaman saat belajar disitu.

” Ini adalah tanggung jawab kita bersama, termasuk instansi yang terkait agar mencari jalan keluar yang terbaik, untuk anak-anak TK/Paud yang sebagai generasi penerus kita,” tandas Camat Arifin.

Dinas Pendidkan Kabupaten Lamongan melalui Kepala Bidang (Kabid) SD beserta Komisi D DPRD Lamongan, dan Muspika Kecamatan Kembangbahu, telah melakukan kroscek ke lokasi sekolahan”, pungkasnya (*).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY