Pemerintah Ceko Tawarkan Sistem Pengelolaan Sampah Ala London Ke Ganjar 

Ragam341 views
SEMARANG,kabarone.com- Pemerintah Republik Ceko menawarkan sistem pengelolaan sampah yang dipakai Pemerintah Kota London kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk diterapkan di Jawa Tengah.

Ganjar mengemukakan Pemerintah Republik Ceko menawarkan sistem pengelolaan sampah andalan mereka untuk mengatasi persoalan sampah di Jawa Tengah. Bahkan sistem tersebut telah diterapkan di ibukota Inggris, London.

“Saya tadi juga menawarkan apakah punya teknologi cukup bagus untuk olah sampah. Ternyata mereka punya. Dia punya teknologi waste to energy yang cukup bagus dengan burning sistem. Seperti apa? Katanya London memakai itu. Dan akan ditawarkan ke Jawa Tengah,” kata Ganjar, Rabu (11/12/2019).

Ganjar menyampaikan hal tersebut setelah menerima Delegasi Republik Ceko, Sekretaris Menteri Luar Negeri Ceko Miloslav Stasek dan Dubes Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek.Sedangkan untuk realisasinya Ganjar mengatakan akan terlebih dahulu melakukan pembahasan lebih lanjut.

“Mereka menginginkan ada pendalaman setelah ini. Mereka juga mengundang kita agar bisa melakukan pertemuan bisnis to bisnis. Menggali potensi kedua negara dalam beberapa hal, termasuk industri perdagangan dan lainya,” terangnya.

Dijelaskan oleh Ganjar kepada delegasi Ceko, bahwa di Jawa Tengah juga telah menerapkan modernisasi sistem pengelolaan sampah. Seperti di Semarang dan Surakarta yang mengolah sampah jadi energi listrik. Modernisasi sistem pengelolaan sampah juga dilakukan di Cilacap. Di sana sampah dapat diubah menjadi sumber energi yang berfungsi sebagai briket dan dimanfaatkan sebagai subtitusi bahan bakar

“Sebagai awal tidak ada yang kita tolak tapi kita juga menawarkan seluruh potensi Jawa Tengah untuk mereka mau investasi. Selanjutnya kita jajaki mana-mana yang bisa dikerjakan,” katanya.

Bukan hanya pengelolaan sampah, industri dan perdagangan. Ganjar menyebutkan delegasi tersebut sangat berharap jalinan kemitraan langsung antara Republik Ceko dengan Jawa Tengah di sektor pariwisata dan kesehatan.

“Termasuk pola pembiayaan dan training. Nanti kita cari alternatif untuk menindaklanjuti potensi-potensi yang ada,” ujarnya.

Sekretaris Menteri Luar Negeri Ceko Miloslav Stasek mengaku sangat tertarik dengan Jawa Tengah. Selain berbagai prestasi serta inovasi yang dilakukan, kekayaan alam dan budayanya menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan dia mengagumi karya ukir dari Jepara setelah kemarin melakukan kunjungan ke sana. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *