Tingkatkan Ketahanan Pangan, PWI TNI dan Dinas Terkait Basmi Hama Tikus

Tingkatkan Ketahanan Pangan, PWI TNI dan Dinas Terkait Basmi Hama Tikus

181 views
0
SHARE

LAMONGAN,kabarone.com Aksi kegiatan Gerebek Tikus yang digelar di Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Selasa (10/12/2019) kali ini adalah bagian dari agenda kegiatan sosial yang di laksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2020 mendatang.

Sementara, Bachtiar Febrianto selaku Ketua PWI Lamongan mengatakan, hal ini dilakukan karena sebelumnya kami menyerap keluhan masyarakat petani bahwa hama tikus ini telah menjadi permasalahan yang serius di Kabupaten Lamongan.

Bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan serta Kodim 0812 Lamongan, bertujuan untuk membantu para petani Desa Paji khususnya dan Lamongan memberantas hama tikus. Dengan harapan aksi ini bisa menjadi pemantik bagi petani lainnya untuk memerangi hama tikus”, tandas Febri.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Ir. Rudjito yang disampaikan oleh Anton Sujarwo selaku Sekretaris Dinas, pihaknya sangat mengapresiasi dengan memberikan bantuan racun tikus kepada para petani Desa Paji.

Tentunya ini kegiatan yang bagus. Karena itu jangan sampai hama tikus ini menjadi penghalang bagi produktivitas petani Lamongan karena kabupaten Lamongan merupakan penghasil beras tertinggi di Jawa Timur,” ujarnya.

Menurutnya, pada tahun 2018 dengan lahan teknis seluas 53 ribu hektar yang tersebar di Kecamatan Pucuk, Sugio, Modo, Kedungpring, Ngimbang, Mantub dan Sekaran, Lamongan mampu menghasilkan beras sebanyak 1.080 ribu ton.

Kabupaten Lamongan saat ini mampu mensuplay kebutuhan pangan/beras Lamongan dan kabupaten-kabupaten lain di Jawa Timur dari separuhnya jumlah tetsebut yang didistribusikan.

Dalam kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pihak Kodim 0812/Lamongan. Pada kesempatan ini hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0812 yang disampaikan melalui Kasdim 0812, Mayor Arh Gusti Putu Ardana yang mewakili Dandim 0812 Lamongan.

Ia mengungkapkan, ” Untuk mendukung kegiatan ini Kodim 0812 Lamongan mengerahkan 100 personil untuk membantu para petani menebar pakan yang telah diberi racun tikus di lubang-lubang disekitar lahan persawahan yang disinyalir sebagai sarang hewan tikus sebagai hama petani. “Ini adalah bentuk sinergi TNI dengan petani dan wartawan. Semoga aksi ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat luas,” pungkas Kasdim 0812, Mayor Arh Gusti Putu Ardana (*).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY