Talkshow Pemuda Bersama Sembodo, Membangun Bangsa Dimulai Dari Pemuda

Talkshow Pemuda Bersama Sembodo, Membangun Bangsa Dimulai Dari Pemuda

186 views
0
SHARE

LAMONGAN,kabarone.com Diskusi Wajah baru Lamongan dan tokoh muda Milenial serta para pemuda pemudi harapan kabupaten Lamongan bersama H. Sholahuddin salah satu Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lamongan mendatang yang dikemas dengan Talk-show Pemuda, pada Kamis (09/01) di Café Barata 73 Lamongan Jawa Timur.

Sementara pada kesempatan ini, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Anshor Lamongan, Muhammad Mashur mengatakan, ” Ia berharap dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang Bupati dan Wakil Bupati yang layak memimpin kabupaten Lamongan adalah yang memiliki konsep bisa mengatasi minimal mengurangi banjir.

Wilayah kecamatan yang sebagai langganan banjir tahunan sering terjadi dibeberapa wilayah kecamatan di kabupaten Lamongan saat musim penghujan. Diantaranya, di wilayah Kecamatan Turi, Kalitengah, Babat, Glagah, Karangbinangun dan wilayah kecamatan Laren.

“Sehingga orang-orang sering kali menyebut sebagian wilayah Lamongan adalah daerah banjir, yang masih kental dengan istilah klasik ” rendeng gak iso dodok ketigo gak iso cewok.

Selain itu, menurut Ketua GP. Anshor Lamongan yang akrab disapa Cak Mashur tersebut juga menjelaskan, soal lenggangguran di Lamongan yang saat ini didominasi oleh anak-anak lulusan SMA/SMK dan menjadi masalah serius, itu yang perlu difikirkan. Tidak hanya bicara politik saja, tapi bagaimana memfikirkan anak-anak ini bisa kreatif. Butuh kearifan pemimpin yang bisa mengentaskan pengangguran.

Lebih lanjut, saat ini kabupaten Lamongan dihadapkan juga persoalan serious soal budaya anak-anak nongkrong di warung kopi (Warkop), internet melebihi kita akan makan dan minum. ” Paham tentang ITE itu juga penting dan tetap harus diperhatikan. Hal ini harus di isi dengan kegiatan-kegiatan positif agar tidak masuk ke zona zona yang berbahaya bagi pemuda ataupun anak-anak”, tandas Muhammad Mashur.

Pada giliran H. Sholahuddin yang Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lamongan Yang punya Brand Sembodo ini berkenan hadir dalam Talk Show memberikan solusi untuk mengatasi minimal mengurangi bencana banjir. “ Pemerintah Kabupaten Lamongan sejauh ini sudah melakukan pengerukan embung dengan baik juga adanya sudetan baru ke aliran sungai bengawan solo.

Selain itu, perlu dioptimalkan lagi termasuk juga aliran irigasi juga harus dilakukan penataan kembali, sungai yang bermuara ke bengawan solo juga harus dinormalisasi secara intens. Juga pengoptimalan konektivitas antara regional dengan nasional menjadi hal penting, serta adanya dukungan tekhnologi canggih.

“Misalkan satu kecamatan ada satu alat berat Bego (eksavator) untuk kegiatan normalisasi embung (waduk), sungai dan saluran irigasi lainnya. Oleh karena itu setiap musim kemarau, alat tersebut dapat digunakan bergantian di masing-masing wilayah kecamatan/desa untuk kegiatan normalisasi tersebut dengan tidak menunggu giliran dapat proyek pengerukkan. Sehingga saluran air lancar embung juga benar-benar bisa untuk menampung air dengan maksimal.

” Sehingga hal ini minimal bisa mencegah serta mengurangi terjadinya bencana banjir yang selama ini kerap terjadi di beberapa wilayah kecamatan/desa di kabupaten Lamongan”, tegas Bacabup yang lebih akrab di panggil Kaji Shollah tersebut, (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY